Satu wilayah di Provinsi Kalimantan Timur yakni Kabupaten Mahakam Ulu kembali masuk jalur zona hijau COVID-19, setelah satu pasien terkonfirmasi positif di wilayah tersebut sudah dinyatakan sembuh pada Selasa, 16 Agustus 2022.

Kurang lebih sepekan, Kabupaten Mahakam telah meninggalkan status zona hijau, karena temuan satu pasien COVID-19 di wilayah tersebut terjadi sejak 1O Agustus 2022.

"Mahakam Ulu kembali menjadi satu- satunya wilayah di Kaltim yang sudah terbebas dari kasus COVID-19, sementara sembilan wilayah lainnya masih menuntaskan pasien positif yang menjalani perawatan." kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak di Samarinda, Selasa.

Andi mengatakan status wilayah Kaltim lainnya, tujuh wilayah berstatus zona kuning dan dua wilayah zona merah.

Tujuh wilayah yang berstatus zona kuning diantaranya Samarinda dengan 21 pasien positif, Kutai Timur dengan 21 pasien positif, Kutai Kartanegara dengan 15 pasien positif, Penajam Paser Utara dengan 10 pasien positif, Berau dengan 8 pasien positif, Paser dengan 7 pasien positif dan Kutai Barat dengan 6 pasien positif.

Sedangkan dua wilayah yang berstatus zona merah yakni Balikpapan dengan 215 pasien positif dan Bontang dengan 111 pasien positif.

"Jumlah keseluruhan pasien positif yang masih menjalani perawatan di wilayah Kaltim sebanyak 414 orang," kata Andi.

Andi mengungkapkan perkembangan kasus COVID-19 di Kaltim masih cukup tinggi meskipun jumlah pasien sembuh juga mengalami kenaikan.

Berdasarkan update kasus harian Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim per 16 Agustus 2022, terjadi penambahan sebanyak 66 kasus terkonfirmasi positif, sementara kasus sembuh juga bertambah 63 kasus.

"Kami terus mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih peduli dalam menjalankan protokol kesehatan khususnya penggunaan masker, mengingat bencana pandemi ini belum berakhir," pesan Andi.


 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022