Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengumumkan hasil seleksi penerimaan beasiswa dari program Beasiswa Kaltim Cemerlang tahap III untuk mahasiswa jenjang D3, S1, S2, S3, 100 dosen, dan penghargaan bagi yang berprestasi.

"Masing-masing jenjang terdiri dari beberapa kategori, seperti untuk jenjang D3 ada enam kategori, antara lain beasiswa prestasi dalam daerah, luar daerah, prestasi kurang mampu, stimulan prestasi dan tugas akhir," kata Ketua Tim Beasiswa Kaltim Cemerlang Bohari Yusuf di Samarinda, Rabu.

Untuk beasiswa D3 kategori prestasi dalam daerah, terdapat 21 penerima yang masing-masing orang mendapat Rp5 juta, sehingga total jumlah yang digulirkan oleh Pemprov Kaltim sebesar Rp105 juta.

Kemudian untuk beasiswa prestasi D3 yang kuliah di luar daerah juga terdapat 21 penerima, tetapi masing-masing mahasiswa menerima Rp6 juta sehingga total beasiswa yang digulirkan di program ini sebesar Rp126 juta.

Selanjutnya untuk program prestasi kurang mampu D3 dalam daerah terdapat 45 penerima. Masing-masing orang mendapat beasiswa Rp5 juta sehinga total dana yang digulirkan senilai Rp225 juta.

Untuk program prestasi kurang mampu D3 luar daerah terdapat 10 penerima dengan masing-masing orang mendapat Rp6 juta, sehingga jumlah beasiswa yang digulirkan sebesar Rp60 juta.

Di jenjang ini, ada juga program stimulan prestasi dan tugas akhir dari masyarakat umum diploma dalam daerah dengan penerima sebanyak 414 orang. Masing-masing orang mendapatkan Rp2,5 juta sehingga total beasiswa yang dikeluarkan sebesar Rp1,035 miliar.

Pada jenjang S1, lanjut Bohari, terdapat 14 kategori penerima, seperti program beasiswa internasional jurusan khusus yang terdapat 33 penerima.

Masing-masing orang mendapat Rp20 juta sehingga anggaran yang digulirkan untuk beasiswa jenis ini sebesar Rp660 juta.

Kemudian untuk program beasiswa jurusan khusus jenjang sarjana yang kuliah di dalam daerah terdapat 27 penerima. Masing-masing orang mendapat Rp15 juta sehingga total anggaran yang dikeluarkan untuk program ini sebesar Rp405 juta.    (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013