Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur yang masih menjalani perawatan tersisa 30 orang berdasarkan update kasus harian Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim, Minggu.


Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak di Samarinda mengatakan, sebaran pasien positif terbanyak berada di Kota Balikpapan dengan jumlah 18 orang.

Disusul, Samarinda 4 orang, Berau 3 orang, Penajam Paser Utara 2 orang, Kutai Timur 1 orang, Mahakam Ulu 1 orang dan Bontang 1 orang.

"Tiga wilayah Kaltim lainnya yakni Paser, Kutai Barat dan Kutai Kartanegara telah berstatus zona hijau," kata Andi Muhammad Ishak.

Menurut Andi jumlah pasien COVID-19 tersebut mengalami penambahan lima orang dari hari sebelumnya yakni Sabtu 18 Juni 2022, karena pada Sabtu jumlah pasien positif di Kaltim sebanyak 25 orang.

"Berdasarkan update kasus harian pada Minggu (19/6) terjadi penambahan pasien positif lima orang, sedangkan kasus sembuh dan meninggal dunia tidak terjadi tambahan kasus baru," jelas Andi.

Andi mengungkapkan dalam sepekan terakhir perkembangan kasus pandemi di wilayah Kaltim terus menunjukkan grafik kenaikan, meski dalam skala kecil.

"Setiap hari selalu ada pergerakan kasus baru positif dalam jumlah di bawah 10 kasus, dan tentunya kondisi ini patut menjadi perhatian," tutur Andi.

Dia mengharapkan masyarakat lebih waspada dengan potensi penularan virus Corona dengan cara kembali mengefektifkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari- hari.

"Tetap gunakan masker dalam kegiatan sehari-hari, dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan dari potensi penularan virus," ujar Andi Muhammad Ishak berpesan.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022