PERINGATAN Hari Ulang Tahun gerakan Pramuka ke 52 tahun 2013 menjadi sangat istimewa bagi jajaran Kwartir cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kutai Kartanegara.

Buah dari kesuskesannya menggelar berbagai kegiatan bakti dan lomba, Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari menerima penganugerahan penghargaan Lencana Dharma Bakti dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.  

Lencana tersebut di sematkan oleh wakil Ketua Kwartir Nasional Marsekal Madya TNI Eris Herryanto pada upacara peringatan HUT ke-36 Kemerdekaan RI Sabtu (17/8) di halaman kantor Bupati Kutai Kartanegara.

Lencana Dharma Bakti itu kata Ketua Kwartir Cabang Kutai Kartanegara H Suriansyah, merupakan salah satu tanda penghargaan khusus yang diberikan kepada seseorang, baik anggota gerakan Pramuka atau bukan, sebagai bentuk apresiasi organisasi gerakan Pramuka atas jasa besar dan perhatian serta kepedulian terhadap perkembangan gerakan Pramuka.

Rita Widyasari yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing cabang Gerakan Pramuka Kutai Kartanegara menjadi salah satu tokoh atau pejabat pemerintah yang mendapatkan penghargaan tersebut, karena telah memberikan perhatian khusus kepada perkembangan dan peningkatan kegiatan Gerakan Pramuka di Kutai Kartanegara, selama menjabat sebagai bupati.

"Perjuangan Rita dalam memajukan gerakan Pramuka di 'odah etam' ini sangat kami rasakan manfaatnya," ujar Suriansyah dampingi sekertaris cabang Aj Ali Husni dan Bidang Humas dan pengabdian Masyarakat, Fitri.

Dijelaskannya, melalui kebijakan Rita dan Pemkab Kutai Kartanegara Kwarcab Pramuka di daerah itu mendapatkan bantuan anggaran untuk berbagai kegiatan dan fasilitas pendukung operasional Pramuka, baik untuk kwartir cabang, kwartir ranting se-Kutai Kartanegara maupun satuan karya serta bagi pramuka se-Kutai Kartanegara.

Komitmen lainnya dari Rita Widyasari lanjut dia, yaitu bangunan baru untuk sekretariat kwarcab dan kendaraan operasional serta bantuan berbagai kegiatan skala kabupaten yang telah di gelar Seperti kursus mahir dasar, raimuna cabang, HUT Pramuka dan Kemah Bakti serta diaktifkannya kembali Radio Saty Darma FM yang merupakan satu–satunya 'Radio Broadcast' siaran Pramuka di Kutai Kartanegara.

"Bahkan mungkin baru Satya Darma FM yang merupakan satu–satunya radio siaran Pramuka di Kaltim," ungkapnya.

Setalah penyerahan Lencana Dharma Bakti dalam rangkaian upacara HUT ke-68 Kemerdekaan RI di Kutai Kartanegara tersebut, Rita Widyasari juga secara simbolis menyerahkan kendaraan mini bus dan pick up untuk operasional Kwartir Cabang Kutai Kartanegara yang diterima H Suryansyah. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013