Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur menggelar pelatihan kepada para pemandu wisata lokal dalam rangka peningkatan kemampuan dan ketrampilan para pramuwisata saat memberikan pelayanan kepada masyarakat luar daerah.


Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Muhammad Irvan Rivai mengatakan kegiatan ini sifatnya rutin dilaksanakan setiap tahun, khususnya menyambut penetapan Kaltim sebagai Ibu Kota Negara.

"Kegiatan ini merupakan agenda peningkatan SDM di sektor pariwisata dan agenda pelatihan ini khusus untuk pelatihan pramuwisata madya," katanya dalam keterangan resmi di Samarinda, Jumat.

Pihaknya menggandeng sejumlah organisasi kepariwisataan lokal, seperti DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kaltim yang tentunya sudah mempunyai jaringan kuat terkait dengna para pemandu wisata.

Dia menegaskan dalam rangka menuju Kaltim sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN), maka para penggiat wisata lokal harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, baik melalui
program, metode, maupun menyiapkan tenaga pemandu yang profesional untuk melayani wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Para pemandu wisata itu, ungkapnya, memiliki peran strategis meningkatkan kunjungan wisata di Kaltim maupun IKN.

Dia mengemukakan tentang keharusan segera disiapkan para tenaga wisata yang terampil, mempunyai kemampuan dan wawasan oleh semua pihak, baik kalangan pemerintah maupun swasta, sehingga mereka siap untuk menyambut kedatangan ribuan orang ke Kaltim sebagai dampak penetapan Ibu Kota Negara.

Baginya, tenaga terampil dalam pelayanan di sektor kepariwisataan akan mampu memberikan pelayanan sesuai dengan standar-standar yang telah ditetapkan.

“Pelatihan pramuwisata madya ini bagian upaya Pemprov Kaltim untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM pariwisata di daerah,” tegasnya.

Balikpapan dipilih sebagai tempat penyelenggaraan dikarenakan "Kota Minyak" ini sebagai kota penyangga IKN yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo.

Pelatihan yang diikuti 20 pemandu wisata Kota Balikpapan ini diisi pemateri dari Dinas Pariwisata Kaltim, kepolisian, kepabeanan (Bea Cukai), Balai Bahasa, Dinas Kesehatan, Imigrasi, Balai Karantina Pertanian, Dewan Pengurus Pusat/Dewan Pengurus Daerah Himpunan Pramuwisata Indonesia dan Asita.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022