Youth-20 (Y20) Indonesia menggencarkan sosialisasi penyelenggaraan Pra-Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20 di Balikpapan, Kalimantan Timur yang berlangsung 21 dan 22 Mei 2022.


Kepala Program, Logistik, dan Relasi Delegasi Y20 Indonesia 2022, Mujab menjelaskan Y-20 merupakan bagian dari Presidensi G20, dan berfokus pada isu-isu yang penting bagi masa depan dari sudut pandang pemuda.

“Pemprov Kaltim menyambut baik pelaksanaan Pra-KTT Y20 Indonesia 2022 yang membahas isu planet yang berkelanjutan dan layak huni, hal itu menjadi tanggung jawab moral kami sebagai salah satu provinsi pemilik hutan hujan tropis terbesar di Indonesia,” kata Gubernur Kaltim, Isran Noor dalam pers rilis yang disampaikan pihak Y20, di aula Gelanggang Olahraga Kadrie Oening, Jalan Wahid Hasyim, Sempaja Sabtu (14/5/2022).

Dia menjelaskan  bahwa Provinsi Kalimantan Timur sendiri akan menjadi tuan rumah dalam Presidensi G20 Indonesia.

Sebagai keluaran dari forum Y20, rekomendasi kebijakan yang dirumuskan para delegasi pemuda negara G20 akan dibahas dalam forum resmi kepala negara G20 nantinya.

Penunjukan Kota Balikpapan sebagai tempat penyelenggara Pra-KTT Y20 juga bukan tanpa alasan. Pada tahun 2021, Kota Balikpapan menerima penghargaan sebagai kota berkelanjutan di bidang lingkungan di tingkat Asia Tenggara.
 
Mujab menambahkan dalam perencanaan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), Kota Balikpapan akan menjadi kota penyangga IKN. Sejalan dengan agenda G20 terkait masalah lingkungan dan planet bumi akan selalu relevan dengan anak muda.

Hal ini karena anak muda yang akan terus melanjutkan kehidupan di planet (bumi) untuk jangka waktu yang lebih lama dan panjang.

“Pada isu prioritas Y20 Indonesia, kita melanjutkan legacy issue atau isu warisan ini untuk semakin memikirkan aksi nyata dalam penyelesaian masalah bumi, dengan mengangkat dua sub prioritas yaitu penjagaan sumber daya alam serta konsumsi dan produksi Berkelanjutan melalui ekonomi sirkular,” ujar Mujab.

Pelaksanaan Pra-KTT Y20 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur juga akan dihadiri langsung oleh delegasi dan pengamat dari Jepang, Korea Selatan, negara-negara Asia Tenggara, serta perwakilan dari beberapa kedutaan asing di Indonesia.

Selain itu, sejumlah pembicara turut hadir untuk menambah perspektif dalam kegiatan gelar wicara/talk show.

Ahli seperti Herlina Hartanto dari Yayasan Konservasi Alam Nusantara dan Kevin Lunzalu (Kenyan Youth Biodiversity Network) akan membantu para delegasi untuk dapat memahami bagaimana pemuda dapat berperan dalam menyelesaikan masalah-masalah lingkungan dan planet kita.
 
Membahas hal yang sama, Aie Natasha, Co-Chair Indonesian Youth Diplomacy East Kalimantan, menyampaikan bahwa Pra-KTT Y20 ini akan jadi ajang bagi anak muda Kalimantan untuk urun rembug tentang isu planet yang berkelanjutan dan layak huni.

“Melalui kegiatan Town Hall Meeting, seratus pemuda-pemudi dari Kalimantan akan turut berdiskusi dan menyampaikan ide serta aspirasi terkait dengan isu planet yang berkelanjutan dan layak huni. Aspirasi ini akan dibawa oleh delegasi resmi Indonesia dalam forum resmi Y20,” tambah Aie.

Provinsi Kalimantan Timur terpilih sebagai tuan rumah untuk Pra-KTT 3 Y20 Indonesia 2022. Harapannya, Provinsi Kalimantan Timur dapat menjadi perwakilan pemuda pulau Kalimantan.

Y20 Indonesia berupaya untuk menjangkau pemuda secara merata di seluruh bagian Indonesia agar seluruh pemuda di Indonesia dapat merasakan momentum G20.

Y20 Indonesia 2022 melaksanakan kegiatan Pra-KTT pada 4 (empat) kota di Indonesia yaitu Palembang pada bulan Maret, Lombok pada bulan April, Balikpapan pada bulan Mei, dan Manokwari pada bulan Juni.

Puncak acara kegiatan ini adalah pelaksanaan KTT Y20 2022 yang akan dilaksanakan pada bulan Juli di kota Jakarta dan Bandung.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022