Samarinda (ANTARA Kaltim) - Penukaran uang pecahan kecil oleh Bank Indonesia (BI) Kaltim bagi masyarakat Samarinda dan sekitarnya sudah mencapai Rp600 miliar, yakni pelayanan yang buka sejak satu pekan sebelum Ramadhan hingga Jumat.

"Pecahan yang ditukar masyarakat umum itu mulai pecahan uang kertas dua puluh ribuan hingga uang logam lima ratusan rupiah," kata Fadillah, Manager Operasional Kas Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Timur (Kaltim) di Samarinda, Jumat.

Dana yang disiapkan BI Kaltim pada lebaran 2013 ini lebih tinggi ketimbang lebaran sebelumnya, yakni pada lebaran 2012 disiapkan uang pecahan total Rp1,97 triliun, tetapi dalam lebaran 2013 disiapkan total Rp2,51 triliun.

Rata-rata, kata dia lagi, setiap hari jumlah penukar uang kecil yang datang ke BI Kaltim pada kisaran 200 hingga 250 orang (antrean), sejak memasuki Ramadahan 2013.

Jumlah antrean penukaran uang kecil di BI Kaltim pada lebaran tahun ini mengalami penurunan ketimbang lebaran tahun sebelumnya. Hal ini terjadi lantaran loket penukaran uang tahun ini sudah lebih banyak.

Jika lebaran tahun lalu hanya BI dan beberapa unit perbankan di Samarinda yang melayani penukaran uang kecil, tapi pada musim lebaran ini BI Kaltim dibantu 11 bank di Samarinda dan sekitarnya.

Sebanyak 11 bank yang melayani penukaran uang pecahan kecil bagi masyarakat luas itu adalah Bank Artha Graha, Bank Pembangunan Daerah atau Bankaltim, Bank Internasional Indonesia, dan Bank Rakyat Indonesia.

Kemudian Bank Syariah Mandiri, Bank Mandiri, Bank Muamalat, OCBC, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Permata Hati, BPR Samarinda, dan BPR Kutai Sejahtera.

Untuk pemberian modal bagi 11 bank itu, BI Kaltim memberikan modal senilai Rp5,5 miliar per hari, sehingga masing-masing bank mendapat modal penukaran Rp500 juta per hari.

Dia juga mengatakan pelayanan uang kecil di BI Kaltim dibuka tiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 12.00. Pelayanan akan berlangsung hingga Jumat, 2 Agustus, sedangkan di 11 bank lain tetap dibuka hingga tanggal 6, bahkan ada yang hingga 7 Agustus.

Sedangkan untuk kas keliling untuk melayani penukaran uang dari mobil BI Kaltim, pelayanan di sejumlah titik keramaian di Samarinda akan dibuka hingga 3 Agustus.

Kas keliling BI Kaltim berada di sejumlah titik, misalnya pada 29 Juli di Pasar Pagi, 30 Juli di Palza Mulia, 1 Agustus di Karang Asam dan Sungai Kunjang, kemudian hingga 3 Agustus di sejumlah mal di Samarinda.   (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013