Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 1.666 angkutan darat di Provinsi Kaltim dinyatakan siap mengantar pemudik lebaran, terdiri atas armada antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP).

"Jumlah angkutan di jalur darat ini sama dengan lebaran tahun lalu, karena meski jumlah penduduknya bertambah, tapi jumlah kendaraan pribadi juga bertambah sehingga angkutan umum belum diwacanakan penambahan armada baru," kata Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Kaltim Mahmud Samsul Hadi di Samarinda, Rabu.

Dia menyebutkan bahwa untuk trayek AKAP dengan rute Samarinda-Banjarmasin lewat Balikpapan, Penajam dan Paser (Kaltim), jumlah armada yang disiapkan pengusaha angkutan umum mencapai 82 bus.

Rinciannya adalah jumlah bus besar sebanyak 59 unit dengan kapasitas rata-rata 45 penumpang, sehingga dalam sehari mampu mengangkut penumpang sebanyak 2.655 orang ditambah barang bawaan.

Selanjutnya bus kecil AKAP sebanyak 23 unit dengan kapasitas rata-rata 18 penumpang, sehingga dalam satu hari dapat mengangkut penumpang sebanyak 828 orang.

Sedangkan untuk trayek AKDP, lanjutnya, total kendaraan yang disiapkan Dishub Kaltim dengan pengusaha sebanyak 1.584 unit mulai dari bus hingga taxi argometer.

Rinciannya adalah jumlah bus besar sebanyak 81 unit dengan trip per hari pulang pergi rata-rata 2,93 kali, sehingga dalam sehari mampu mengangkut penumpang sebanyak 10.680 orang, baik untuk rute Samarinda - Balikpapan maupun Samarinda - Bontang.

Jenis bus sedang sebanyak 282 unit dengan kapasitas 27 penumpang yang mampu melayani 1,82 kali sehari, sehingga rata-rata dalam sehari jenis kendaraan ini mampu mengangkut sebanyak 13.857 penumpang ditambah barang bawaan.

Selanjutnya jenis bus kecil (mikro bus) yang jumlahnya mencapai 36 orang, masing-masing berkapasitas 18 penumpang sehingga mampu berjalan 1,65 per hari. Ini berarti dalam sehari mampu mengangkut penumpang sebanyak 504 orang.

Selanjutnya mobil penumpang umum (MPU) dengan jumlah 686 unit berkapasitas 11 penumpang. Jenis ini mampu melakukan 2,55 trip pulang pergi dalam sehari.

Kemudian taxi argo sebanyak 499 unit dengan kapasitas empat penumpang per unit. Jenis kendaraan ini mampu mengangkut penumpang sebanyak dua kali sehari. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013