Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Samarinda Samri Shaputra mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda lebih mengoptimalkan Sungai Mahakam agar bisa dijadikan sebagai pendapatan asli daerah (PAD).
 

"Samarinda  sebenarnya punya potensi besar  yakni  Sungai Mahakam yang harusnya  bisa menghasilkan sesuatu, untuk pendapatan bagi daerah," kata Samri di Samarinda, Selasa.

Ia menyebutkan, selama ini kapal-kapal ponton hanya berlalu lalang di atas Sungai Mahakam hanya meninggalkan kerusakan tanpa kontribusi.

"Sudah berapa kejadian ponton menabrak Jembatan Mahakam. Apa kemudian yang Samarinda dapat selain kerusakan itu," kata Samri.

Menurutnya, apabila hal tersebut terus dibiarkan terjadi, maka yang dirugikan  adalah Samarinda.

Oleh karena itu,  DPRD Kota Samarinda mendukung penuh wacana Sungai Mahakam dijadikan salah satu sumber  PAD melalui retribusi kapal-kapal ponton yang melintas di atasnya.
 

                 DPRD Samarinda (Dok ANTARA)


"Kita akan mendorong pemerintah supaya itu terwujud. Makanya nanti  Perda nya akan kita lihat, apakah itu usulan dari Pemkot atau inisiatif DPRD," jelasnya.

Samri  menekankan,  apabila Perda merupakan inisiatif dari Pemkot maka pihaknya akan memberi ruang untuk mempercepat Perda terealisasi agar PAD Samarinda meningkat.

"Tidak ada alasan, tidak mendukung peningkatan PAD karena itu larinya ke masyarakat," tuturnya.

Samri menambahkan, DPRD Kota Samarinda selalu mendorong pemerintah untuk membuat program yang berorientasi pada peningkatan PAD.(Adv)
 

Pewarta: R'Sya Rahmadina

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022