Wali Kota Samarinda, Andi Harun secara resmi membuka aktivitas jual beli di Pasar Ramadhan yang terletak di halaman parkiir GOR Segiri, Jalan Kesuma Bangsa, Selasa (5/4/2022).
 

Lokasi tersebut terlihat ramai pengunjung menjelang warga Samarinda menyiapkan menu buka puasa. Berbagai jenis makanan khas Samarinda disediakan di sejumlah stand, termasuk jenis takjil untuk berbuka puasa.

Setiap pengunjung yang datang ke pasar tersebut diwajibkan untuk menerapkan protokol COVID-19 secara ketat. Di pintu masuk juga terpasang scan barcode yang dapat terhubung ke aplikasi PeduliLindungi.

Selain itu, dalam proses penjualan juga ditemukan beberapa lapak yang menerapkan sistem transaksi secara elektronik, termasuk pembayaran parkir.

"Kita upayakan pasar Ramadhan tahun ini harus berbeda dengan tahun sebelumnya, fasilitas tenda lebih nyaman, pengaturan lapak lebih rapi serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Andi Harun.

Wali Kota juga mengimbau seluruh pedagang di Pasar Ramadan tersebut agar menggunakan busana muslimah, baik perempuan maupun laki-laki.

Menurutnya, dengan menerapkan busana muslimah maka pelaksanaan Pasar Ramadan tidak saja untuk menggerakkan roda perekonomian, tapi juga syariat Islam di bulan suci Ramadhan ini.

"Kita ingin agar penjualnya yang laki-laki menggunakan busana muslim demikian pula yang ibu-ibu. Sehingga kita mendapatkan manfaat ganda, selain menggerakkan ekonomi tapi kita juga berhasil menyebarkan dan menegakkan syariat islam di bulan suci yang penuh Mubarak ini," terangnya.

Setelah membuka secara resmi aktivitas pasar tersebut, selanjutnya Andi Harun bersama rombongan melakukan peninjauan langsung di setiap lapak penjual. Sekaligus memastikan penerapan prokes dan sistem pembayaran elektronik. (Adv)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022