Samarinda (ANTARA Kaltim)- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh dijadwalkan membuka Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang diikuti 7.259 peserta, di Gedung Dome, Balikpapan, Kaltim, pada 1 Juli 2013.

“Hingga hari ini, berdasarkan hasil konfirmasi yang kami lakukan, pembukaan O2SN belum ada perubahan, yakni tetap akan dibuka Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,” ujar Sekretaris Panitia O2SN Kaltim Asli Nuryadin di Samarinda, Kamis.

Asli yang juga Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kalimantan Timur (Kaltim) ini melanjutkan, meskipun O2SN dibuka resmi pada 1 Juli, tetapi jadwal beberapa pertandingan digelar sebelum pembukaan berlangsung.

O2SN yang diikuti pelajar mulai jenjang SD hingga SLTA itu akan digelar selama sepekan, yakni mulai 29 Juni hingga 6 Juli 2013. Terdapat dua kota sebagai pelaksanaan tanding, yakni di Balikpapan dan Samarinda.

Dalam olimpiade ini terdapat 11 cabang olahraga (cabor) untuk jenjang SD, tujuh cabor di jenjang SMP, lima cabor pada jenjang SMA dan SMK, dan masing-masing tiga cabor pada jenjang PKLK Dikdas dan PKLK Dikmen.

Ke 11 cabor pada jenjang SD itu adalah atletik, bulu tangkis, tenis meja, catur, renang, karate, pencak silat, senam, bola voli, tenis, dan sepak takraw.

Ke 11 cabor untuk jenjang SD tersebut semuanya digelar di Balikpapan, pasalnya untuk cabor renang, atletik, bola voli, dan renang masih untuk pertandingan usia dini sehingga lapangan maupun lintasan di kota itu masih standar.

Sedangkan untuk O2SN jenjang SMP terdapat tujuh cabor, yakni atletik, bulu tangkis, catur, renang, karate, pencak sialt, dan bola voli. Pertandingannya sebagian digelar di Balikpapan, sedangkan sebagian kecilnya digelar di Samarinda, yakni atletik, renang, dan bola voli.

Pada jenjang SMA terdapat lima cabor, yakni atletik, bulu tangkis, tenis meja, karate, dan pencak silat. Pertandingannya digelar di Balikpapan dan Samarinda.

Untuk O2SN jenjang SMK juga tedapat lima cabor, yakni bulu tangkis, tenis meja, catur, bola voli, dan basket. Selain basket, semua cabor untuk SMK digelar di Balikpapan.

Kemudian untuk O2SN jenjang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Pendidikan Dasar (Dikdas) terdapat tiga cabor yang semuanya digelar di Balikpapan, yakni atletik, bulu tangkis, dan catur.

Sedangkan untuk O2SN PKLK Pendidikan Menengah (Dikmen) juga tedapat tiga cabor yang semuanya juga digelar di Balikpapan, yakni atletik, bulu tangkis, dan catur.(*)     

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013