Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor mengusulkan sembilan poin di dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2023. Salah satunya  mengusulkan  rekonstruksi  Jalan Samarinda tepatnya Simpang 3 Lempake - Sambera - Santan - Bontang  sepanjang  102,3 kilometer.
 

"Melalui usulan itu diharapkan dapat mendukung percepatan pembangunan daerah yang semakin baik," kata  Karo Adpim Setda Provinsi Kaltim HM Syafranuddin di Samarinda, Kamis.

Ia mengatakan  usulan gubernur (rincian output) disertai lokasi dan volume target yang pertama adalah pembangunan jalan akses Pulau Balang sisi Balikpapan  sepanjang 15,5 kilometer.

"Sementara dukungan daerah juga ada penyusunan FS dan DED, Jembatan Bentang Pendek dan jalan akses sisi Penajam Paser Utara (PPU)," terangnya.

Selain itu juga  penanganan banjir Kota Balikpapan dengan peningkatan saluran drainase dan penanganan banjir Kota Samarinda (DAS Karang Mumus). Dukungan mitra penanganan dampak sosial kegiatan serupa melalui APBD.

Kemudian  penanganan ruas jalan nasional dalam Kota Samarinda dan Balikpapan sepanjang 67,5 kilometer . Sedangkan  dukungan daerah melaksanakan penanganan dampak sosial.

“Kemudian pengembangan korporasi Desa Sapi untuk penguatan ketahanan pangan sebanyak 4000 ekor sapi di Kabupaten Paser, Kutai Kartanegara dan Kutai Timur,” katanya.

Adapun dalam hal tersebut dukungan daerah yakni pengadaan mineral sapi blok, pengadaan obat-obatan dan vitamin, bimtek petugas pembibitan dan benih bibit leguminosa.

Lebih lanjut,  Syafranuddin  menyebutkan usulan berikutnya  adalah  rekonstruksi jalan Sangatta - Simpang Perdau  sepanjang 32,7 kilometer  dan daerah hanya mendukung penanganan dampak sosial.

Kamudian  juga  yang menjadi perhatian Isran  adalah  rekonstruksi  Jalan Tenggarong (Kabupaten Kukar)  menuju  Barong Tongkok – Mentiwan, Sendawar (Kutai Barat)  sepanjang 419,5 kilometer.

Menurut ,  Syafranuddin  usulan-usulan tersebut disampaikan Isran saat Rapat Koordinasi Gubernur (Rakorgub) se-Kalimantan, Jawa dan Bali di Courtyard Bali Nusa Dua Resort, Kamis (17/3/2022).

"Pemprov Kaltim berharap apa yang diusulkan tersebut dapat disetujui pusat sehingga percepatan pembangunan di Kaltim, khususnya IKN dapat terwujud," tuturnya.
 

Pewarta: R'Sya R

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022