Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meluncurkan program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 sebagai upaya membangkitkan geliat kegiatan di daerah.


Selain itu bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan.

"KEN 2022 ini adalah wadah kumpulan event-event berkualitas dari seluruh Indonesia. Kami bangga sekarang kita menancapkan tongkat penting serta harapan baru bagi kebangkitan industri event tanah air, sekaligus juga mendukung keinginan Indonesia sebagai destinasi event," katanya di Gedung Sapta Pesona sebagaimana dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu.

Program ini akan diawali dengan proses kurasi guna menyaring kegiatan yang berkualitas, sehingga bentuk dukungan yang diberikan kepada penyelenggara kegiatan dapat lebih jelas dan terukur.

Terdapat lima aspek utama dalam pemilihan KEN 2022, pertama ialah aspek ide dan potensi inovasi, kedua yaitu pengembangan ekonomi kreatif, lalu event management, kemudian seni pertunjukan dan budaya, serta aspek strategi komunikasi dan media.

Pada 2022, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menerima 319 usulan kegiatan dari 34 provinsi yang akan dikurasi pada tahap I dan tahap II.

“Jumlah ini meningkat 17 event dibandingkan tahun 2021 sebanyak 302 usulan event,” ujar Sandiaga.

Dari 319 usulan, 171 kegiatan yang layak akan presentasi di depan para kurator hingga akhirnya terpilih 100 KEN 2022 dengan kategori Top 10 KEN dan 100 kegiatan KEN 2022 dari 34 provinsi.

"Saya ucapkan selamat kepada semua daerah di 34 provinsi dan kabupaten kota yang terpilih masuk ke dalam KEN 2022. Kemenparekraf siap membantu dalam program pendampingan, monitoring, konsultasi, dalam upaya event-event berkualitas pada saat penyelenggara ini bisa naik kelas," ucap dia.

Peluncuran KEN 2022 dianggap sebagai bukti nyata pihaknya dalam mendukung pemulihan ekonomi di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) maupun pengembangan kualitas penyelenggaraan kegiatan yang beragam. Mulai dari kegiatan seni budaya, karnaval, kuliner, maupun musik.

Menparekraf mengharapkan, KEN 2022 juga hadir untuk memberikan semangat kepada pelaku ekonomi kreatif agar senantiasa berinovasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) yang ketat serta disiplin. Juga, tetap berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 dan aparat setempat.

Dalam video sambutannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung langsung KEN 2022 yang dinilai harus mampu mengangkat citra pariwisata Indonesia dan menjadi motor penggerak kebangkitan sektor parekraf.

"Semoga acara ini menjadi ajang kolaborasi dan inovasi bagi komunitas budaya, pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif serta pemerintah untuk mempromosikan kekayaan tradisi, kekayaan budaya, peninggalan bersejarah dan kekayaan alam Indonesia," kata Presiden Jokowi.

KEN merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan kegiatan berkualitas.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022