Bontang (ANTARA Kaltim) - Kota Bontang, Kaltim, berhasil meraih Adipura Kencana sesuai prediksi ekspose hasil pemantauan pertama (P1) Adipura yang telah menunjukkan prestasi peringkat pertama se-Kalimantan untuk kategori kota sedang.

Bontang saat pemantauan pertama (P1) Maret 2013 lalu berada di posisi peringkat pertama untuk P1 Adipura kategori kota sedang. 

Di balik keberhasilan ini, Pemkot Bontang dalam upaya mengejar Adipura Kencana 2013 dengan kendali langsung Wakil Walikota Isro Umarghani langsung menindaklanjuti ekpose P1 dengan menyelenggarakan rapat koordinasi untuk mengambil langkah dan aksi secepatnya untuk mengejar nilai-nulai yang masih di bawah 70 dan memunculkan komplain unggulan.

Upaya prioritas penekanan untuk segera dibenahi untuk penilaian pemantau kedua (P2) dengan harapan raihan angkanya akan lebih tinggi menuju Adipura Kencana akhirnya tercapai dengan diperolehnya piala Adipura Kencana tahun 2013 dengan penyerahan piala bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup di Jakarta.

Bontang peringkat 13 kota sedang se-Indonesia untuk tahun 2012 dan tahun sebelumnya peringkat 17. 

Sesuai ketentuan untuk meraih Adipura Kencana maka Bontang masuk diperingkat lima se Indonesia dan diundang untuk presentasi di depan Kementerian Lingkungan Hidup dan berhasil meraih piala Adipura Kencana karena sebelumnya telah lima tahun berturut-turut memperoleh piala Adipura.

"Jauh lebih penting adalah esensi  kenyamanan dan kebersihan walau penghargaan Piala Adipura Kencana juga penting," ujar Isro beberapa waktu lalu. (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013