Samarinda (ANTARA Kaltim) - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak akan memberikan  penghargaan bagi siswa-siswi berprestasi di 14 kabupaten/kota se Kaltim, khususnya bagi mereka yang meraih nilai tertinggi pada pelaksanaan Ujian  Nasional (UN) untuk semua jenjang pendidikan.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim, S Adiyat, menjelaskan  penghargaan diberikan kepada siswa-siswi yang menempati peringkat 10 besar di  setiap kabupaten/kota baik untuk tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA jurusan  IPA, SMA (IPS), SMA (Bahasa), SMK dan MA.

"Total jumlah penerima sebanyak 1.260 siswa/siswi di 14 kabupaten/kota, dengan total jumlah dana yang dialokasikan mencapai Rp1,47 miliar. Untuk setiap jenjang, nilai reward yang diberikan tersebut bervariasi," jelas  Adiyat, Ahad (2/6).

Adapun rincian reward yang diberikan, yaitu untuk jenjang pendidikan  SD/MI masing-masing mendapatkan Rp500 ribu. SMP/MTs akan diberikan  masing-masing Rp1 juta dan SMA untuk semua jurusan dan SMK/MA  masing-masing Rp1,5 juta.

"'Reward' ini diberikan sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian Gubernur  Awang Faroek terhadap prestasi nilai tertinggi yang telah diraih oleh  siswa-siswi pada pelaksanaan UN. Selain itu, ini juga sebagai upaya  untuk memacu siswa-siswi lainnya yang akan mengikuti pelaksanaan UN pada  tahun berikutnya agar belajar dengan baik dan meraih prestasi  tertinggi," ucap Adiyat.

Diketahui, untuk tingkat SMA/MA presentase kelulusan di Kaltim mencapai 99,34 persen.  Rinciannya, 43.085 siswa dinyatakan lulus, dari total  43.308 peserta UN. Capaian tersebut mengalami kenaikan dari presentase  kelulusan UN SMA/MA pada 2012, yakni 99,303 persen.

Sedangkan untuk hasil SMK, presentase kelulusan mencapai 99,66 persen  dari total peserta 20.115 orang siswa. Presentase itu meningkat dari  2012 lalu 99,46 persen dari 17.796 siswa peserta.

Sementara untuk, tingkat SMP/MTs presentase kelulusan mencapai 99,64  persen dari jumlah peserta Ujian Nasional (UN) 55.376 orang. Sedangkan  untuk SD/MI pengumuman kelulusan masih belum dilakukan.

Selain itu, Pemprov melalui Dinas Pendidikan Kaltim juga memberikan  Beasiswa Kaltim Cemerlang kepada 10 besar nilai tertinggi UN untuk untuk  jenjang SMA/MA/SMK. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian serta  perhatian Pemprov Kaltim kepada para pelajar yang telah mengikuti UN. (Humas DPRD Kaltim/her/adv)

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013