Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 18 Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terbaik di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang digelar pada 14 hingga 18 Mei 2013.

Ke-18 siswa tersebut akan mewakili Kukar pada lomba Automobile Technology, Welding, Software Aplication, Neetworking, Design Graphic Technology, Animation, Secretary, Marketing, Accounting, Mechanical Enginering, Building, Kelistrikan, Ceramics, Logam, Textile, Wood
Craft, dan Web Design Serta Farmasi.

"Sejumlah siswa yang dikirim ke LKS tingkat Provinsi Kaltim merupakan siswa SMK Kukar terbaik hasil seleksi ditingkat Kabupaten Kukar pada 20 hingga 22 Maret lalu," kata Kepala Dinas Pendidikan, Hermawan melalui Kepala Seksi Kejuruan Patahangi yang didamping Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Joko Pitono .


Ia mengatakan  lomba kompetensi Siswa dilaksanakan setiap tahun, mulai dari tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, tingkat nasional hingga tingkat Asean Skill Competition (ASC) dan Word Skill Competition (WSC).


Menurutnya keikutsertaan LKS-SMK Kukar tingkat Provinsi Kaltim bertujuan untuk wadah promosi dan pencitraan SMK di Kukar. Selain itu juga mengukur tingkat penguasaan keterampilan siswa pada bidang keahlian yang diselenggarkan pada tingkat kabupaten, Provinsi Kaltim hingga tingkat
Nasional.

"LKS-SMK menjadi barometer kemajuan penyelenggaraan Pendidikan Kejuruan Tingkat Menengah yang ada di Kabupaten Kukar,"katanya.

Joko menjelaskan bahwa kegiatan tersebut  merupakan program yang sejalan dengan grand strategy program Pemerintah Kukar, yaitu Gerakan Pembangunan Rakyat Sejahtera (Gerbang Raja) pada misi yang kedua yaitu meningkatkan kualitas dan daya saing menuju Sumber Daya Manusia yang
unggul, beriman, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dia yakin jumlah peserta asal Kukar tahun ini akan lebih banyak mewakili Provinsi Kaltim di ajang LKS-SMK tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada Akhir Juni nanti di Jakarta.

”walaupun kita masih harus mengikuti LKS-SMK di Provinsi Kaltim, Namun kita yakin peserta dari Kukar banyak yang lolos maju ke tingkat  Provinsi dan Nasional dibandingkan tahun lalu,” ujarnya.

Sekadar diketahui bahwa capaian siswa SMK Kukar tahun 2012 lalu, selain dibidang  Ceramics, Logam, Textile, Wood Craft yang langsung ke tingkat Nasional, terdapat pula Automobile Technology dan Animation yang lolos ke tingkat Nasionalsetelah  melalui seleksi diditingkat   Provinsi Kaltim.(*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013