Balikpapan (ANTARA Kaltim) - PT Astra Agro Lestari Tbk berencana membangun pabrik kelapa sawit baru di Penajam Paser Utara, untuk mengolah kelapa sawit menjadi minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO).

"Kapasitas pabriknya direncanakan hingga 45 ton per jam," kata Direktur Area Borneo 3 PT Astra Agro Lestari Budi Utarto di Balikpapan, Selasa.

Menurut di, saat ini pihaknya sedang mengkaji dan memetakan produksi tandan buah segar (TBS) milik perusahaan dan perkebunan plasma masyarakat selain itu juga pola-pola penjualan buah oleh masyarakat kepada perusahaan.

"Sehingga kami bisa memastikan masyarakat memilih menjual TBS nya kepada kami," katanya.

Saat ini PT Astra Agro Lestari Tbk di Penajam Paser Utara memiliki anak perusahaan PT Waru Kaltim Plantations dan PT Sukses Tani Nusasubur sebagai pemasok utama pabrik dengan luas areal perkebunan yang telah tertanam sekitar 12.000 hektare.

Sementara ini, Astra Agro sudah memiliki pabrik dengan kapasitas 190 ton per jam. Dengan kapasitas pabrik saat ini diperlukan 1.350 ton TBS per hari.

Jumlah TBS tersebut, saat dalam kondisi puncak, dipenuhi Astra dari kebun-kebunnya sendiri hingga 1.200 ton per hari, dan sisanya dari kebun plasma milik masyarakat.

Wilayah Borneo 3 PT Astra Agro Lestari Tbk adalah sebutan untuk kebun dan pabrik di Kutai Timur dan Penajam Paser Utara. Di Kutai Timur Astra memiliki 4 perusahaan perkebunan dan 2 lagi di Penajam.

Astra juga merencanakan produksi untuk wilayah Borneo 3 pada 2013 mencapai 905.621 ton tandan buah segar, 213.698 ton CPO dan 43.433 ton kernel.

"Rata-rata ada kenaikan sampai 40% dibandingkan dengan tahun lalu,

"katanya.

Pada 2012, produksi di area Borneo 3 mencapai 371.585 ton tandan buah segar, 84.016 ton CPO dan 16.503 ton kernel.    (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013