Polresta Samarinda sepanjang tahun 2021 telah  menyalurkan  sebanyak 163.136 dosis vaksin COVID-19 kepada warga Samarinda dari jumlah vaksin yang diterima 172.231 dosis.
 

"Polresta Samarinda mendukung program pemerintah terkait percepatan penanganan pandemi COVID-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional," kata Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman di Samarinda, Jumat.

Ia merincikan presentase percepatan vaksinasi warga Kota Samarinda sepanjang tahun 2021 yaitu penerima vaksin dosis pertama sebanyak 80,31 persen dan penerima vaksin dosis kedua berjumlah 60,21 persen.

“Dengan target masyarakat Kota Samarinda yang menerima vaksinasi COVID-19 sebanyak 638.880 orang,” katanya.

Dikemukakannya bahwa dalam setiap pelaksanaan  vaksinasi COVID-19 Polresta Samarinda mengerahkan sejumlah personel untuk melakukan pengawalan serta penjagaan ketat dalam pendistribusian vaksin hingga ke gudang farmasi.

Personil Polresta Samarinda selalu diturunkan di setiap tempat  pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk monitoring dan mengamankan jalannya vaksinasi  agar berjalaan lancar.

"Bahkan personel fungsi Dokkes Polresta Samarinda juga turut andil sebagai petugas tracer maupun vaksinator COVID-19, khususnya di Gerai Vaksin Presisi," tuturnya.

Lanjutnya sebagai bentuk perhatian, Gerai Vaksin Presisi Polresta Samarinda menggelar vaksin massal untuk mahasiswa sebanyak 500 dosis dari berbagi universitas di Samarinda.

Selain itu kata Arif Budiman dalam rangka HUT Bayangkara ke-75, Polresta Samarinda menggelar vaksin massal secara serentak di seluruh Indonesia yang dilaksanakaan di Buddhist Center dan Vihara Eka Dharma Manggala dengan jumlah 2.500 dosis vaksin.

Kemudian Polresta Samarinda juga turut membantu dalam kemanusiaan yakni , alumni Akpol 1997 Wira Pratama mengadakan kegiatan vaksinasi dan bakti sosial bagi masyarakat terdampak COVID-19.

Dalam kegiatan itu sebanyak 2000 target dosis vaksin pertama jenis Sinovac dan 1000 paket sembako disalurkan untuk masyarakat Kota Samarinda.

Selanjutnya, alumni Akabri 1999  juga menggelar vaksin massal dengan target vaksin sebanyak 1500 dosis.

Kegiatan vaksinasi lainnya dalam rangka hari jadi Polwan ke 73, Polwan Polresta Samarinda menggelar vaksinasi massal untuk perempuan yang didukung Poltekkes Kemenkes Kaltim. Sebanyak 550 dosis disalurkan untuk perempuan di Samarinda.

“Tidak ketinggalan, melalui pengabdian selama 31 tahun Akabri angkatan 1990 turut menggelar vaksisnasi massal untuk pelajar di Kota Samarinda sebanyak 1500 dosis  guna mewujudkan Herd Immunity,” ujar Arif Budiman.
 

Pewarta: R'sya R

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021