PT. Kideco Jaya Agung meraih  penghargaan terbaik  pertama  TSP Awards 2021.  Penghargaan tersebut diraih Kideco karena perusahaan bergerak di bidang pertambangan batu bara ini  terbaik dalam mengelola tanggungjawab sosial perusahaan.
 

"Kideco dinilai pemerintah daerah Kabupaten Paser telah memberikan kontribusi yang terbaik  bagi pembangunan daerah  di Kabupaten Bumi Daya Taka (sebutan Kabupaten Paser)," kata  Bupati Paser  dr. Fahmi Fadli  saat menyerahkan penghargaan TSP Award 2021  kepada  Presiden Direktur PT. Kideco Jaya Agung  M. Kurnia Ariawan pada acara Malam Anugerah TSP Awards 2021 di Ballroom Hotel Kyriad Sadurengas,Tanah Grogot, Selasa (28/12/2021).

Hadir pada Malam Anugerag TSP Award  2021 ini  Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pimpinan perusahaan, dan para kepala perangkat daerah. 

Bupati Paser Fahmi Fadli mengemukakan perusahaan merupakan mitra pemerintah daerah yang memiliki peran dalam pembangunan daerah.  

Peran disini  menurutnya dalam hal menjalankan tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat melalui pemenuhan target SDG’s dan program yang telah dilaksanakan,” kata Fahmi.
Untuk menilai hal tersebut, maka Pemerintah Daerah melalui Bappedalitbang bersama Forum CSR, melakukan penialian. 

“TSP dilaksanakan untuk mengapresiasi pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan sekaligus memotret sejauh mana sinkronisasi dan sinergitas para pihak untuk bersama-sama membangun Kabupaten Paser agar lebih maju di masa mendatang,” katanya.

Hal tersebut kata Bupati Fahmi Fadli untuk menjamin sinkronisasi dan sinergitas capaian target oleh seluruh pemangku kepentingan, maka RPJMD Paser tahun 2021-2026 telah mempedomani dokumen SDG’s. 

Lanjut dia “SDG’s tersebut memiliki 17 tujuan dan 169 target yang bermuara pada tiga hal yaitu mengurangi kemiskinan, kesejanangan masyarakat, dan melindungan lingkungan. Oleh sebab itu, penyelenggaraan Anugerah TSP Award dilandaskan tiga pilar yaitu pilar ekonomi, sosial dan lingkungan.

Bupati berharap kedepan melalui TSP Award perusahaan di Paser bisa lebih meningkatkan peran dalam pembangunan di daerah.

Menanggapi penghargaan terbaik pertama TSP Awards 2021, Presiden Direktur PT. Kideco Jaya Agung M. Kurnia Ariawan mengatakan  bahwa memenangkan TSP Award bukanlah tujuan PT Kideco.

“Menang bukan tujuan kami melakukan program itu. Kami menilai ini sudah menjadi bagian tanggungjawab  perusahaan sebagai bagian dari masyarakat Kabupaten Paser. Jadi  apa yang dilakukan untuk masyarakat, kuncinya tulus membantu masyarakat,” ujar Kurnia.

Kurnia menambahkan,  saat ini ada beberapa program yang sedang dirancang PT Kideco, salah satunya penyediaan air bersih secara lebih permanen untuk masyarakat. 

Lanjutnya perusahaan juga melakukan pembangunan infrastruktur jalan sebagaimana yang ditekankan Bupati Paser tentang pembangunan infrastruktur jalan. Masyarakat sangat membutuhkan akses jalan di pelosok. "Kami akan selalu mendukung program Bapak Bupati,” ungkapnya.

Berikut program keikutsertaan Ajang TSP Awards 2021 PT. Kideco Jaya Agung 
1.    School Development Program
2.    Kideco Cares Covid-19
3.    Pemberdayaan Petani Sawit
4.    Integrated Farming System
5.    Gerakan Sadar Mandiri Rutan Kelas II B Tanah Grogot
6.    Pembangunan Sekolah Impian Menjadi Kenyataan
7.    Inovasi teknologi  Pengelolaan pupuk Organik dalam mewujudkan ketahanan Pangan
8.    Arboretum Tandarayan
9.    Air Bersih dan sanitasi layak
10.  Kampoeng SDGs Samurangau

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021