Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur menyatakan cakupan vaksinasi COVID-19 dosis pertama bagi warga setempat mencapai 85 persen dari total target 25.524 jiwa.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mahakam Ulu Agustinus Teguh Santoso dalam keterangan resmi di Samarinda, Senin, mengatakan vaksinasi COVID-19 dosis pertama tersebut jauh berada di atas pencapaian Kaltim secara umum yang belum mencapai target 75 persen.

Meski demikian, pihaknya tetap bertekad untuk dapat segera mencapai 100 persen vaksinasi untuk menciptakan kekebalan komunal dari penularan COVID-19 di Mahakam Ulu.

"Kami terus menggiatkan program vaksinasi dan saat ini pelaksanaan vaksin ditujukan bagi para ibu hamil dan menyusui, anak usia 12-17 tahun dan 17 tahun ke atas," kata dia.

Agustinus mengakui sukses vaksinasi di Mahakam Ulu tidak lepas dari dukungan Gubernur Kaltim Isran Noor dan Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh.

"Terima kasih Pak Gubernur atas dukungannya kepada kami. Alhamdulillah dua minggu ini kami bisa mencapai nol kasus terkonfirmasi positif dan kami sudah bisa berada di zona hijau kembali," ucap dia.

Ketua TP PKK Kaltim Norbaiti Isran Noor mengaku salut atas upaya dan kerja keras Satgas COVID-19 Mahulu yang berhasil menekan laju penyebaran virus hingga menyentuh zero kasus.

"Kami sangat mengapresiasi karena kesadaran masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu sangat luar biasa untuk divaksin," kata dia saat memberi arahan di sela acara vaksinasi.

Menurut istri Gubernur Kaltim Isran Noor itu, vaksinasi penting untuk melindungi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

Dia mendukung kebijakan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh untuk melakukan jemput bola dalam vaksinasi COVID-19 di kabupaten paling barat di Kaltim itu.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021