Bontang (ANTARA Kaltim) - Wakil Wali Kota Bontang Isro Umarghani mengatakan, sejak  2012 sebanyak 200 lampu jalan solar cell telah dipasang di berbagai sudut Kota Bontang menggantikan lampu jalan yang tidak hemat energi.

"Penggunaan lampu jalan solar cell ini akan terus dilakukan. Dalam waktu dekat akan dilakukan pergantian sebanyak 500 lampu-lampu jalan tidak hemat energi, serta akan dilakukan pemasangan listrik solar cell di kampung nelayan," kata Wakil Wali Kota Bontang, Isro Umarghani, di Bontang, Sabtu.

Sementara itu, solar sell "newable energy" dalam paket penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya biasa dipakai untuk penerangan jalan, juga untuk penerangan taman, penerangan jalan daerah wisata, penerangan dermaga, penerangan lapangan parkir, penerangan jalan raya terpencil hingga daerah terpencil seperti di Bontang terdapat tujuh lokasi perkampungan marginal di pisisir laut maupun di pinggiran laut.

Setiap tiang lampu beroperasi secara mandiri dan tidak memerlukan kabel jaringan, sehingga dapat terhindar dari black out total jika terjadi gangguan.

Paket PJU Tenaga Surya atau Solar Street Light System dirakit menggunakan teknologi terbaru dengan lampu LED High PowerUltra Bright merk ONE-LED yakni Lampu PJU LED untuk digunakan sebagai penerangan jalan umum yang jauh dari sumber listrik PLN dengan daya 10Watt hingga 60Watt VDC serta LVD 23Watt dan 40Watt.

Pilihan warna cahaya lampu White dan Warm white, tetapi memiliki terang cahaya setara 100 s/d 350 Watt lampu konvensional (pijar) sehingga lebih hemat energi.

PJU Tenaga Surya bekerja secara otomatis, saat malam tiba lampu akan menyala sendiri dan pagi hari ketika matahari terbit lampu akan mati dengan sendirinya karena sudah dilengkapi teknologi tercanggih yang otomatis untuk menyalakan lampu penerangan sehingga tidak perlu bersusah payah "setting timer" yang membingungkan si pemasang.

Perawatan solar cell juga sangat mudah dan disertai Box Battery Multi Display yang mana didapati penunjuk Voltase dan Ampere Input Solar panel, battery dan output beban sehingga mempermudah perawatan setiap PJU Tenaga Surya. Waktu pengoperasian rata-rata 11-12 Jam & BACK-UP 3 hari apabila cuaca mendung atau hujan. (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013