Samarinda (ANTARA Kaltim) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendorong kadernya untuk maju pada pemilihan kepala daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

"Kami (PKS) mendorong seluruh kader agar maju pada setiap pemilihan kepala daerah termasuk pemilihan Gubernur Kalimantan Timur 2013," ungkap Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Anis Matta, kepada wartawan di Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu.

Anis Matta mengakui, aura kemenangan pilkada Jawa Barat dan Sumatera mengalir kuat dan dirasakan di seluruh daerah.

"Sekarang ini ada dua pilkada gubernur yang kader PKS maju sebagai calon, yakni di Maluku Utara dan Nusa Tenggara Barat. Bahkan, di NTB pasangan calon gubernur dan wakil gubernur merupakan kader PKS," katanya.

"Semoga, Kaltim juga menyusul. Saya perkirakan, tahun ini (2013) jumlah gubernur dari PKS bukan lagi tiga tapi akan bertambah," ungkap Anis Matta.

Kunjungan Anis Matta ke Samarinda yang didampingi Sekretaris Jenderal DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Taufik Ridho dan Fahri Hamzah ke Samarinda itu merupakan rangkan kunjunggan konsolidasi di Provinsi Kaltim sebagai program kerja presiden PKS itu dalam upaya konsolidasi nasional partai berlambang bulan sabit kembar tersebut.

Berdasarkan survei kategori partai lanjut Anis Matta, PKS mengalami trend kenaikan di seluruh daerah.

Sehingga lanjut dia, momentum itu dapat menjadi motivasi agar para kader PKS yang maju pada pemilihan kepala daerah dapat memenangkan pilkada.

"Ini tentunya menjadi momentum dan pembenahan dan kebangkitan dan saya melakukan `road show`, konsolidasi ini untuk mencari tahu apa yang salah dari PKS," katanya.

"Tapi yang paling penting dalam proses pembenahan ini yakni membenahi cara berfikir dan membenahi mentalitas kader dan saya kira ini berhasil sehingga sekarang kami jauh lebih solid dan jauh lebih siap untuk melakukan lompatan baik pada setiap pilkada di daerah maupun pada pemilu 2014," ungkap Anis Matta.

PKS Kalim sebelumnya telah mengusung salah seorang kadernya yakni, Hadi Mulayadi sebagai calon Gubernur Kaltim periode 2013-2018.

Namun hingga kini, belum ada kepastian terkait pasangan Hadi Mulyadi pada pemilihan Gubernur Kaltim yang akan dilaksanakan pada 10 September 2013.

"PKS di Kaltim maish kekurangan tiga kursi sebagai syarat untuk mengusung pasangan calon dan kami berharap agar melakukan koalisi dengan partai lain untuk mencapai target itu. Kami tentunya berharap kader PKS tetap harus menjadi calon gubernur," kata Anis Matta. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013