Satu wilayah di Provinsi Kalimantan Timur yakni Kabupaten Mahakam Ulu hingga saat ini bertahan di zona hijau COVID-19, sementara sembilan wilayah lainnya masih berstatus zona kuning.


Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak di Samarinda, Kamis mengatakan Kabupaten Paser yang sempat merasakan zero kasus, kini turut bergabung dalam zona kuning karena terdapat satu orang terkonfirmasi positif di wilayah tersebut.

"Kabupaten Paser dan Kutai Kartanegara tinggal menyisakan satu pasien positif, sedangkan Panajam Paser Utara tinggal tiga orang positif dan Berau enam orang positif," kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Untuk wilayah Kaltim lainnya, yakni Kutai Barat 18 orang yang masih menjalani perawatan, disusul Kutai Timur 17 orang, Balikpapan 14 orang, Bontang 11 orang dan Samarinda 11 orang.

"Total pasien terkonfirmasi positif yang masih menjalani perawatan berjumlah 82 orang," kata Andi Mihammad Ishak.

Andi mengungkapkan berdasarkan data kasus harian terjadi penambahan sebanyak tujuh kasus sembuh dan empat kasus terkonfirmasi positif.

Dengan adanya tambahan kasus baru tersebut menjadikan akumulasi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah Kaltim sebanyak 158.206 kasus, sedangkan yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 152.272 kasus.

Andi menambahkan untuk kasus meninggal dunia kembali tidak terjadi penambahan kasus baru, sehingga jumlah total kasus meninggal dunia akibat COVID-19 di Kaltim masih dalam angka 5.452 kasus.

Khusus menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Andi mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih tertib dalam melaksanakan protokol kesehatan di kehidupan sehari- hari.

"Belajar dari pengalaman tahun sebelumnya momen libur penutup tahun berdampak pada ledakan kasus, oleh sebab itu masyarakat harus lebih waspada," tegas Andi Muhammad Ishak.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021