Bontang (ANTARA Kaltim)- Sebanyak 2.298 siswa tingkat SMA,SMK dan sederajat  di Kota Bontang, Kalimatan Timur akan mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) 2013 , terdiri dari 1.261 siswa SMA/MAN dan 1.037 siswa SMK serta paket C sebanyak 133 peserta.

“Adapun jumlah ruangan UAN yang dipergunakan untuk SMA 75 ruang kelas, SMK 62 ruang kelas, Paket C 10 ruang kelas,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bontang, Dasuki di Bontang Kamis (11/4).

Ia mengatakan pada pelakasanaan UAN 2013  jumlah pengawas yang akan mengawasi sebanyak  294 pengawas terdiri  dari 161 pengawas SMA / MAN dan 133 pengawas SMK dengan sistem silang murni.  Sedang pengawas paket C melibatkan 20 pengawas.

Menurutnya para pengawas yang akan mengawasi ujian nasional tersebut sebelum pelaksanaan pekan depan, saat ini sedang mengikuti kegiatan sosialisasi di SMU Vidatra Bontang.

Dasuki menjelaskan terkait distribusi soal ujian akhir nasional   tingkat SMA tersebut  akan tiba dikota Bontang  sehari sebelum pelaksanaan ujian berlangsung,  dengan pengawasan dan pengamanan cukup ketat dari Polres Bontang.

“Nantinya untuk penyimpanan soal UAN sesuai standar operasional Prosedur (SOP) akan diamankan di Polres Bontang. Kemudian akan didistribusikan ke sekolah pada pagi hari sebelum pelaksanaan ujian berlangsung dengan pengawalan dan pengamanan  oleh kepolisian dengan pakaian preman,” katanya.

Dasuki menambahkan sesuai standar operasional pada hari H berlangsung ujian akhir nasional  guru pelajaran pada mata pelajaran yang diujikan tidak diperkenankan menjadi pengawas dan peserta ujian dilarang membawa handphone, tas sekolah ke ruangan  ujian.

Sementara jadwal UAN akan berlangsung selama empat hari yakni dari tanggal  15 hingga 18 April 2013.
“Alhamdulillah tahun ini tidak ada siswa yang bermasalah  dengan kasus hukum, hamil dan lainnya seperti yang terjadi tahun lalu.  Meskipun demikian, jika ada yang  terkena masalah  mereka tetap masih bisa mengikuti ujian akhir nasional,” ujar Dasuki.(*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013