Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP ) Kukar Muslik, menyalurkan bantuan bibit ikan nila sebanyak 20 ribu ekor kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Desa Perjiwa, Kecamatan Tenggarong Seberang.
 

“Selain bibit ikan nila juga disalurkan berupa pakan ikan sebanyak 1,7 ton dan 12 keramba kepada Pokdakan yang ada  di Desa Perjiwa,” katanya di Tenggarong Seberang, Rabu (17/11/2021).

Dia berharap bantuan tersebut dapat meningkatkan perekonomian warga, apalagi dimasa pandemi COVID-19, usaha warga menjadi sepi.

"Sudah selayaknya dilakukan transformasi ekonomi dari sumber daya yang tidak bisa diperbaharui menjadi sumber daya yang dapat diperbaharui,” katanya.

Kepala DKP Kukar Muslik mengatakan bantuan bibit ikan dan pakan kepada warga tersebut adalah  merupakan  aspirasi  Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid yang selaras dengan program Pemkab Kukar dibidang pembudidayaan ikan.

"Alhamdulillah ini merupakan bentuk dukungan dari Ketua DPRD Kukar melalui aspirasinya, sehingga bantuan ini dapat terlaksana," ungkapnya.

Muslik berharap agar Pokdakan bisa memanfaatkan bantuan tersebut dengan dikelola agar bisa terus berkelanjutan. Bantuan tersebut sudah paket lengkap,  pembudidaya tinggal melanjutkan dan mengembangkan.

Muslik menambahkan setelah warga mendapatkan bantuan, tidak  biarkan begitu saja,  tetapi nanti ada penyuluh perikanan yang mendampingi untuk pembinaan dan pengembangan usaha Pokdakan.

Muslik pun berharap, nantinya kategori kelompok Pokdakan bisa terus meningkat, misalnya kelompok pemula nanti bisa jadi kelompok madya bahkan ke tahap mandiri.

"Harapannya mereka lebih mandiri sehingga tidak bergantung pada bantuan pemerintah terus menerus tetapi bentuk stimulus," ujarnya. (Adv/Kominfo Kukar)
 

Pewarta: Sapri Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021