Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Kutai Kartengara (Kukar)  akan melakukan peningkatan drainase disejumlah titik untuk mengatasi permasalahan banjir di Kota Tenggarong.
 

“Belakangan terjadi banjir dibeberapa titik, sehingga untuk mengatasi hal tersebut dilakukan peningkatan drainase  dengan pelebaran di daerah rawan banjir. Salah satunya  drainase yang ada di Kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong,” kata Kepala DPU Kukar Wisnu Wardana di Tenggarong, Minggu (14/11/2021).

Ia mengatakan selain itu juga dilakukan peningkatan saluran drainase sebagai  pengendalian banjir di kawasan Kelurahan Panji. Sebab, setiap intensitas hujan tinggi, kawasan tersebut menjadi langganan banjir.

"Kalau kejadian kemarin kan dengan hujan yang cukup lebat, itu sampai satu minggu air bertahan menunggu antrean keluar dari areal banjir ," katanya.

 Wisnu menuturkan untuk mengurai serta mengantisipasi terjadinya banjir, maka dilakukan pelebaran saluran drainase di kawasan tersebut. Dengan diperbesar saluran air  bertujuan bisa mengurangi volume air sekitar 20 persen dari banjir tertinggi.

Ia menjelaskan peningkatan saluran drainase dikerjakan kurang lebih sepanjang satu kilometer. Dimana, saluran tersebut terletak di Jalan Stadion, Kelurahan Loa Ipuh.  Dengan adanya peningkatan saluran drainase, kawasan  itu dapat terhindar dari banjir, meskipun intensitas hujan tinggi. Walaupun ada genangan tetapi tidak akan lama.

"Jika masih ada genangan air di kawasan itu tidak sampai berhari-hari, tapi kami berharap hitungan jam saja ," ujar Wisnu.(Adv/Kominfo Kukar)
 

Pewarta: Sapri Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021