Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bekerjasama dengan Bankaltimtara meluncurkan program Kredit Kukar Idaman (KKI) untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah setempat.  
 

"Saya berharap program KKI ini dapat mendukung memecahkan permasalahan dalam pengembangan ekonomi masyarakat yang membutuhkan modal tambahan dan diprioritaskan kepada pelaku UMK," kata Bupati Kukar Edi Damansyah saat meluncurkan atau launching program KKI di Pasar Mangkurawang, Tenggarong, Kamis (28/10/2021).

Ia mengatakan dengan adanya program KKI, para pelaku UMKM dapat mengajukan kredit pengembangan usaha. baik yang sudah berjalan maupun yang baru memulai usaha, dengan bunga nol persen, proses cepat, berbiaya rendah, persyaratannya pun lebih mudah dibandingkan kredit reguler Bankaltimtara lainnya.

Edi Damansyah berharap, kehadiran KKI bisa menjadi solusi, agar masyarakat Kukar bisa bebas dan tidak lagi berhubungan dengan rentenir.

Dikemukakannya peluncuran program KKI  bersamaan dengan produk baru Bankaltimtara yakni Kredit Meranti, KPR Gen Me, Qris (QR Code) atau pembayaran digital Bankaltimtara serta MoU Elektronifikasi Transaksi Keuangan Terintegrasi Bankaltimtara dengan Pemkab Kukar.

Kehadiran Bankaltimtara  menurut Edi Damansyah telah memberikan angin segar dalam pengembangan UMKM, sehingga jalinan kerjasama yang telah terbangun terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Edi Damansyah mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu Pemkab Kukar dan PT BPD Kaltim Kaltara sudah menandatangani MoU dan PKS (Perjanjian Kerjasama) terkait Elektronifikasi Transaksi Keuangan Pemda Terintegrasi.

Lanjutnya pemerintah daerah wajib melakukan inovasi elektronifikasi dalam pelaksanaan pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah, sehingga dapat mewujudkan program pengamanan fiskal daerah, serta dalam pelaksanaan belanja untuk membiayai program dan kegiatan pemerintah daerah.

"Melalui aplikasi ini, semua proses transaksi keuangan daerah kedepannya akan direkam dan terintegrasi dengan sistem perbankan," ujar Edi Damansyah.

Sementara hadir pada peluncuran program KKI tersebut Forkopimda, Pimpinan PT BPD Kaltim Kaltara M Yamin, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kaltim Made Yoga Sudarma, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kaltim Hendrik Sudaryanto, serta undangan lainnya. (Adv/Kominfo Kukar)
 

Pewarta: Sapri Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021