Samarinda (ANTARA Kaltim) - Wakil Ketua DPRD Kaltim, Yahya Anja dan Anggota Komisi III DPRD Kaltim, HM  Hatta Zainal Abidin berharap Gerakan Pramuka di Kalimantan Timur bisa lebih maju dari yang ada sekarang.

"Apalagi setelah dikukuhkannya  delapan  Satya Karya (Saka) Pramuka Tingkat Provinsi. Ini menjadi langkah yang bagus bagi pergerakan Pramuka di Kaltim, karena  delapan saka Pramuka tersebut dibantu SKPD Pemprov Kaltim," kata Yahya usai menghadiri pelantikan Majelis Pembimbing Daerah Satuan Karya Pramuka dan Pimpinan Daerah Satuan Karya Pramuka Kalimantan Timur di Kantor Gubernur, Rabu (20/2).
Ikut dilantik sejumlah pejabat di lingkungan sekretariat DPRD Kaltim, di antaranya Sekretaris DPRD Kaltim H Fachruddin Djaprie, Kepala Bagian Humas Hj Eka Wahyuni, Kepala Bagian Umum H Pantehadi Rahmadi dan Kepala Bagian Keuangan H Hasto Darmono.

Yahya mengharapkan gerakan pramuka dapat terus menjadi salah satu penggerak kemajuan daerah melalui kegiatan-kegiatan yang positif.

"Tidak hanya terpaku pada kegiatan-kegiatan perkemahan, namun melalui kegiatan lain yang dapat menjadi bagian pembentukan karakter pribadi anggota pramuka dan mampu memberikan dampak positif di lingkungan kita," harap politisi Partai Demokrat asal Dapil I Samarinda ini.

Penyematan tanda jabatan Saka Pramuka dilakukan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Kaltim Hatta Zainal Abidin yang juga mantan Ketua Fraksi Golkar DPRD Kaltim, dan Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kaltim, H  Farid Wadjdy yang juga Wakil Gubernur Kaltim.

"Yang istimewa adalah bisa melantik sekaligus delapan satya karya. Biasanya satu-satu. Kita berharap melalui pelantikan ini Pramuka akan lebih baik lagi, lebih maju demi generasi kita ke depan," kata Hatta.

Dijelaskan Hatta, delapan saka yang dikukuhkan tersebut memiliki fungsi masing-masing, sehingga aktivitas untuk membangun bangsa dan daerah ini ada di dalam setiap saka tersebut.

"Seperti Saka Dirgantara menyangkut bidang udara, Saka Bahari bidang kelautan, Saka Bhayangkara bidang kepolisian, Saka Taruna Bumi urusan tanam padi, Saka Bhakti Husada untuk kesehatan, Saka Kencana untuk keluarga berencana, Saka Wira Kartika kaitannya dengan kemiliteran dan Saka Wana Bhakti bidang kehutanan," papar Hatta.

Menurut Hatta saat ini baru Kaltim yang melantik delapan Saka sekaligus. Dia berharap setelah ini ada penguatan manajemen. Apalagi dengan pelibatan aktif institusi yang dapat membantu kelengkapan sarana  dan akses yang luas dalam mengelola Satuan Karya Pramuka serta pembinaan anggota pramuka yang fokus pada peningkatan kuantitas dan kualitas pembina dan pelatih pramuka.

"Kedua hal tersebut menjadi modal penting untuk mengukuhkan gerakan Pramuka di Kaltim. Satuan Karya Parmuka dituntut bersaing dan unggul dalam persaingan," kata Hatta. (Humas DPRD Kaltim/adv/lia/met/mir)

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013