Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sekitar 100 staf  Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Kaltim, Sabtu (16/2), mengikuti kegiatan outbound di Pantai Manggar Balikpapan,  sebagai upaya pengembangan diri (personal development) dan tim (team development).

Dalam suasana ceria penuh kekeluargaan,  para  staf Setwan sejak pagi hingga sore hari, mengikuti berbagai jenis  petualangan (adventure) dan permainan (games) yang dipandu para instruktur berpengalaman.

"Tujuan utama dari kegiatan outbound ini adalah agar kita dapat meningkatkan  kepercayaan diri (self efficacy), kemampuan mengontrol emosi dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain, sehingga selain kecerdasan berpikir (IQ/Intelegent Quotient) kita membaik, yang lebih utama  kecerdasan emosional  (EQ /Emosional Quotient) kita juga meningkat," kata Sekretaris DPRD Kaltim, H Fachruddin Djaprie  di sela-sela kegiatan outbound.

Menurut  mantan Asisten III Sekkab dan Kepala Dinas Pendidikan Kutai Timur ini, berbagai jenis petualangan dan permainan selama outbound juga dapat menghilangkan suasana penat dan jenuh akibat rutinitas pekerjaan sehari-hari, sehingga sepulang dari mengikuti kegiatan tersebut para staf Setwan  diharapkan lebih segar dalam menjalani tugas-tugas selanjutnya.

Dijelaskannya, kendati berbentuk petualangan dan permainan, namun outbound mengajarkan pesertanya   melakukan komunikasi efektif (effective communication),  pengembangan tim (team building), pemecahan masalah (problem solving), meningkatkan kepercayaan diri (self confidence), melatih  kepemimpinan (leadership),  kerja sama (sinergi), permainan yang menghibur dan menyenangkan (fun games), konsentrasi/fokus (concentration) serta kejujuran/sportivitas.

"Bermacam sikap positif itu sangat bermanfaat bagi pelaksanaan tugas-tugas staf Setwan sehari-hari, terutama dalam memberikan pelayanan kepada para anggota DPRD Kaltim sebagai unsur penyelenggara pemerintahan di daerah," kata Fachruddin Djaprie.

Salah seorang peserta outbound, Syamsul Rizal, mengatakan meskipun penat dan lelah, namun kegiatan outbound sangat menyenangkan. Gelak tawa kerap mewarnai aneka petualangan  dan permainan yang dijalani, karena ada saja tingkah lucu  peserta.

"Pokoknya menyenangkan. Apalagi kita menjadi lebih akrab satu sama lain. Ikatan sebagai satu keluarga makin kuat melalui outbond ini," kata staf Bagian Humas Sekretariat DPRD Kaltim ini. (Humas DPRD Kaltim/adv/lin/mir)

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013