Kilang Pertamina Balikpapan alias PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan) meraih penghargaan emas untuk program edukasi COVID-19 dan perak untuk program cagar budaya Rumah Dahor di ajang Indonesian SDGs Award (ISDA) 2021.
 

"Memenangkan penghargaan ajang ISDA 2021 memang bukanlah tujuan perusahaan, namun ajang ini menjadi salah satu cara kami mengukur seberapa efektif pelaksanaan program yang dilaksanakan oleh perusahaan. Selain itu kita dapat belajar dari peserta lainnya," kata Humas Kilang Balikpapan Ely Chandra Peranginangin, Jumat.

Melalui presentasi di depan juri yang dilaksanakan bulan lalu, menurut Chandra, banyak masukan yang didapat.

"Para juri memberikan beberapa sudut pandang yang sebelumnya luput dari pandangan kami," jelas Chandra.

ISDA yang dilaksanakan pada tahun ini merupakan ajang kali keempat yang dilaksanakan oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD).

"Semoga penghargaan ini dapat menjadi semangat bagi kami untuk terus memperbaiki dan mengembangkan program-program perusahaan khususnya yang terkait dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals, SDGs)," kata Chandra.

Program edukasi mengenai COVID-19 adalah program pencegahan dan penanganan wabah COVID-19 yang dilaksanakan oleh Pertamina, terutama bagi pekerja Proyek RDMP atau proyek peningkatan kapasitas Kilang Balikpapan.

Program edukasi itu sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan terutama tujuan 3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera, dalam hal partisipasi perusahaan pada penanggulangan dan pencegahan penyakit menular.

Program Cagar Budaya Rumah Dahor adalah program yang dilaksanakan Pertamina bekerja sama komunitas Dahor Heritage serta didukung oleh Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini masuk dalam tujuan ke-11 yaitu Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan khususnya konservasi cagar budaya untuk masyarakat.

 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021