Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyatakan sebanyak 123 nama calon anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kukar lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti tes tertulis pada 11 hingga 16 Februari 2013.

Menurut Ketua Panwaslu Kukar Yadi, Minggu, proses pendaftaran calon Anggota Panwascam se-Kukar telah dilakukan sejak tanggal 25 Januari hingga 2 Februari lalu.

"Dari 124 orang yang menyerahkan berkas pendaftaran, 123 orang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan berhak ikut tes tertulis," jelas Yadi.

Ditambahkan Yadi, pelaksanaan tes tertulis bagi calon Anggota Panwascam tersebut akan dilakukan di 7 tempat terpisah yakni di Loa Janan, Tenggarong Seberang, Sanga-Sanga, Muara Badak, Muara Jawa, Kota Bangun dan Kembang Janggut.

"Untuk peserta yang berasal dari Kecamatan Loa Janan, Loa Kulu dan Tenggarong, tes tertulis dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2013 di Loa Janan," imbuhnya.

Pada hari yang sama, lanjutnya, juga dilakukan tes tertulis bagi peserta dari Tenggarong Seberang dan Sebulu yang dipusatkan di Tenggarong Seberang.

Kemudian khusus peserta dari Kota Bangun, Muara Kaman, Muara Muntai dan Muara Wis, tes tertulis digelar pada tanggal 14 Februari di Kota Bangun.

"Setelah itu, giliran peserta dari SangaSanga dan Anggana yang akan ikut tes tertulis pada 15 Februari di SangaSanga," katanya lagi.

Selanjutnya pada tanggal 16 Februari, tes tertulis digelar di Muara Badak khusus peserta asal Muara Badak dan Marang Kayu.

"Pada hari yang sama juga dilaksanakan tes untuk peserta dari Muara Jawa dan Samboja yang dipusatkan di Muara Jawa," paparnya.

Sedangkan bagi peserta dari Kecamatan Kembang Janggut, Kenohan dan Tabang, tes tertulis dilaksanakan pada tanggal 11 hingga 14 Februari di Kembang Janggut.

Terkait daftar nama calon Anggota Panwascam yang telah dirilis tersebut, pihak Panwaslu Kukar memberi kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan keberatan atau tanggapan secara tertulis dalam waktu 2 hari sejak pengumuman disampaikan.

"Siapa tahu ada calon yang tidak patut atau terlibat di salah satu partai politik. Masyarakat bisa ajukan keberatan secara tertulis kepada kami. Dan jangan kuatir, karena identitas pelapor akan kami rahasiakan," tegasnya.

Sementara ditambahkan Anggota Panwaslu Kukar, H Mubarak, seleksi tersebut dilakukan untuk menjaring 3 Anggota Panwascam di 18 kecamatan se-Kukar yang akan bertugas melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur 2013.

"Setelah seleksi tertulis, masih ada tahapan selanjutnya berupa tes wawancara. Nanti akan kami umumkan kembali siapa saja yang lolos tes tertulis," ujarnya. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013