Komando Distrik Militer atau Kodim 0913/Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, terus melakukan serbuan vaksinasi COVID-19 sebagai upaya untuk membentuk kekebalan komunal (herd immunity) di daerah itu.

Komandan Kodim atau Dandim 0913/Penajam Paser Utara Letnan Kolonel Infantri Dharmawan Setyo Nugroho di Penajam, Sabtu, menegaskan program Serbuan Vaksinasi TNI/Polri terus dilakukan.

Kodim 0913/Penajam Paser Utara lanjut ia, selalu bekerja sama dengan lembaga atau instansi terkait dalam penanganan COVID-19 di wilayah kabupaten setempat.

"Kemarin (Jumat, 10/9), kami lakukan lagi kegiatan Serbuan Vaksinasi TNI/Polri," ungkap Dharmawan Setyo Nugroho.

Serbuan vaksinasi tersebut dilakukan terhadap purnawirawan (pensiunan tentara), warakawuri (wanita ditinggal mati suaminya yang anggota TNI) dan keluarga besar tentara.

Serbuan Vaksinasi TNI/Polri yang diadakan Kodim 0913/Penajam Paser Utara juga menyasar warga lansia dan masyarakat umum lainnya.

"Vaksinasi itu sebagai upaya membentuk kekebalan komunal di kalangan keluarga besar tentara, punawirawan dan warakawuri," jelas Dharmawan Setyo Nugroho.

"Serbuan Vaksinasi TNI/Polri juga untuk membentuk kekebalan kelompok di kalangan lansia serta masyarakat umum," tambahnya.

Pemberian vaksin dalam Serbuan Vaksinasi TNI/Polri saat ini, kata Dharmawan Setyo Nugroho, diutamakan untuk lansia khususnya purnawirawan beserta isteri.

Penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari harus tetap dilakukan tegasnya, kendati telah mendapatkan vaksin COVID-19.

Vaksinasi untuk TNI sangat penting sebab sebagai benteng pertahanan negara menjaga wilayah teritorial daya tahan tubuh prajurit harus tetap terjaga.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021