Sekolah-sekolah di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang berada di zona merah atau berisiko tinggi penyebaran COVID-19 tetap melaksanakan pembelajaran secara daring.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara, Alimuddin di Penajam, Kamis, menegaskan tidak semua sekolah melaksanakan belajar tatap muka terbatas.

Bagi sekolah yang berada dalam zonasi merah penyebaran virus corona, lanjut ia, pembelajaran masih secara daring.

"Sekolah yang berada di kecamatan, kelurahan dan desa yang masih berada di zona merah belum bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas," ujar Alimuddin.

Sejumlah sekolah di Kabupaten Penajam Paser Utara saat ini sudah melaksanakan pembelajaran secara langsung atau tatap muka terbatas.

Namun beberapa sekolah masih melakukan pembelajaran dari rumah secara virtual karena masih berada di zona merah COVID-19.

Para tenaga pendidik atau guru di tengah pandemi virus corona, menurut Alimuddin, dituntut lebih kreatif dan inovatif dalam proses belajar mengajar.

Sesuai petunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sekolah di masa pendemi COVID-19 diminta lebih menerapkan pendidikan karakter siswa.

"Sekolah juga harus menumbuhkan semangat para peserta didik untuk kembali belajar di sekolah," ucap Alimuddin.

"Pembelajaran yang diberikan selama dua tahun terakhir tidak maksimal, jadi tidak berorientasi pada hasil pendidikan murni," tambahnya.

Sehingga belajar tatap muka terbatas berorientasi, bagaimana proses pembelajaran bisa berjalan dengan cara apa saja sebab kualitas pendidikan sudah mengalami penurunan selama pandemi virus corona.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021