PLN Wilayah Kaltimra melistriki kawasan wisata Pantai Ambalat, Samboja, sekitar 60 km utara Balikpapan, Kalimantan Timur.


“Kami juga menyerahkan dana CSR (Community Social Responsibility) sebesar Rp560 juta untuk biaya pembangunan fasilitas umum dan pemberdayaan masyarakat sekitar pantai,” kata General Manager (GM) PLN Wilayah Kaltimra Saleh Siswanto, Jumat.

Dana itu diserahkan kepada Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin Rabu 1/9 lalu.

Program CSR Kawasan Wisata Pantai Ambalat adalah satu program unggulan PLN Peduli sejak 2020 lalu. PLN Peduli membangun gapura, musala, jembatan, balai pertemuan, gazebo, dan beberapa kawasan berfoto bagi pengunjung. PLN juga menyediakan 10 lapak berjualan yang bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar.

“Hal ini kami lakukan untuk memberdayakan masyarakat, terutama masyarakat setempat,” kata GM Saleh.

PLN melakukan perluasan jaringan tegangan rendah sepanjang 900 meter, mendirikan 30 tiang  dan menambah trafo 50 kVa, dan sambungan hingga ke rumah-rumah warga dan sejumlah titik penerangan di kawasan pantai.

Menurut Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara, fasilitas yang diadakan di pantai tersebut menjadikan kunjungan

yang semula rata-rata hanya 1800 wisatawan per hari, menjadi lebih ari 6.700 wisatawan per hari.

Selain itu, pemberdayaan masyarakat sekitar Pantai Ambalat yang melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat juga dianggap berhasil dan akan mewakili Kutai Kartanegara di ajang nasional kategori pengembangan wisata daerah.

Di sisi lain, peningkatan kunjungan ke Pantai Ambalat diperkirakan karena hanya pantai inilah satu-satunya yang bisa dikunjungi wisatawan selama banyak tempat wisata lain harus tutup sebab wabah COVID-19.

Dari Balikpapan hingga ke Delta Sungai Mahakam, sepanjang lebih kurang 100 km membentang sejumlah pantai landai berpasir putih. Selain Ambalat, ada juga Pantai Tanah Merah, Pantai Amborawang, hingga di Lamaru, Manggar, kawasan Staal Kuda, Monpera, dan Melawai di Balikpapan. ***

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021