Samarinda (ANTARA Kaltim) - Jajaran Kementerian Agama Kaltim siap mendukung Pemprov Kaltim di bawah kepemimpinan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak yang menyatakan 2013 sebagai Tahun Peningkatan Kinerja dan Prestasi seperti yang juga telah dicanangkan pada 2012.

 Hal tersebut disampaiakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim HM Kusasi,  usai Apel dan Ziarah jajaran Kemenag Kaltim di Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa Samarinda, Rabu (2/1). Ziarah itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-67.

“Bapak Gubernur Kaltim menyampaikan bahwa 2013 adalah Tahun Peningkatan Kinerja dan Prestasi, untuk itu jajaran Kemenag Kaltim sepenuhnya mendukung dan saya juga mengimbau agar kita semua harus terus berupaya meningkatkan kinerja dan prestasi yang dipersembahkan untuk bangsa dan negara khususnya di Kaltim,” katanya.

Kusasi mengatakan, terdapat banyak makna yang terkandung pada kegiatan apel dan ziarah ke makam pahlawan, utamanya sebagai ungkapan rasa syukur karena Allah SWT memberikan nikmat kepada generasi sekarang sehingga bisa merasakan kemerdekaan.

Selain itu sebagai ungkapan terima kasih  kepada para pahlawan yang telah berjuang habis-habisan mempertaruhkan harta-benda, bahkan nyawa yang tidak ternilai harganya.

“Karena itu, kita perlu mendoakan para pahlawan yang telah berjuang, mudah-mudahan semua amal ibadah yang dilakukan diterima dan mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa,” kata Kusasi.

Selain itu tambahnya, diharapkan mereka yang ikut apel dan ziarah bisa menggali nilai-nilai perjuangan yang telah diukir oleh para pendahulu, karena dengan kerja keras mereka itulah generasi sekarang bisa menikmati hasil perjuanganan dan wajib memelihara hasil perjuangan ini dengan sebaik-baiknya.

Pada apel dan ziarah yang dihadiri para PNS lingkup Kemenag Kaltim itu, Dharma Wanita Persatuan (DWP), Guru, Para Pelajar dan Pramuka itu, ditandai dengan tabur bunga yang diawali pada pusara almarhum HM Ardans SH, mantan Gubernur Kaltim periode 1988-1998.

Selain itu, pada Jumat (4/1), dilakukan penanaman pohon di lingkungan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda Seberang yang digabung dengan peletakan batu pertama pembangunan masjid kampus  yang juga merupakan hibah dari Pemprov Kaltim. (Humas Pemprov Kaltim/ina/adv)

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013