Pemerintah Kabupaten Paser melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat  Romif Erwinadi meminta Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten  setempat untuk bersinergi dalam mempromosikan potensi pariwisata di daerah.


Hal itu ia sampaikannya saat menghadiri pengukuhan pengurus DPC HPI Paser periode 2021-2026 di Hotel Kyriad Sadurengas, Senin (28/6).

“Harapan kami mereka bisa memperkenalkan potensi pariwisata yang ada dan mempromosikan ke masyarakat,” katanya.

Dalam rangka mendukung program pariwisata, Romif mengimbau HPI Paser segera berkoordinasi dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata setempat. 

“Hal ini sangat penting, karena setelah mereka dibentuk harus diberdayakan,” ucapnya.

Dia juga berharap sektor pariwisata bisa menjadi tambahan pendapatan daerah seiring makin berkurangnya kuantitias tambang batu bara.

“Semoga Kabupate Paser semakin maju apalagi akan menjadi  daerah penyanggah calon ibu kota negara baru, hal itu sangat mendukung,” ujar Romif.

Selain itu ia juga mengingatkan kepada pengurus HPI Paser untuk segera divaksin karena kegiatan mereka nantinya akan banyak bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Paser Yusuf Sumako mengaku terbuka dengan keberadaan HPI dan siap untuk menjalin kemitraan dengan organisasi itu. 

Yusuf berpesan kepada pengurus HPI untuk tidak berhenti belajar terkait budaya, karakteristik, Kabupaten Paser khususnya objek wisata.

“Mereka harus memahami sejarah Paser sehingga dapat memperkenalkannya ke masyarakat,” katanya. 

Setelah dilantik, kata Sumako, pihaknya langsung memberikan pembinaan terkait kepariwisataan daerah.

“Hari ini kami bekali pengetahuan terkait objek wisata di Paser, baik alam, religius, sehingga dapat memberikan penjelasan promosi kepada para tamu dari luar yang datang,” ungkap Sumako. (ADV) 
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021