Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang diwakili Desa Bukit Raya, berhasil meraih juara II dalam Lomba Desa tingkat Provinsi Kaltim, berdasarkan surat keputusan yang ditandangani Sekprov Kaltim M Sa'bani pada 21 Juni 2021.
 

"Penilaian oleh provinsi sudah dilakukan beberapa hari lalu, namun untuk para juaranya baru diumumkan kemarin," ujar Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMD) Kabupaten PPU Nurbayah di Penajam, Selasa.

Terdapat tiga aspek yang dinilai dalam lomba desa tingkat provinsi tersebut, yakni aspek pemerintahan, kewilayahan, dan aspek kemasyarakatan.

Nurbayah bersyukur karena Desa Bukit Raya berhasil menyajikan hal terbaik dalam lomba ini, sehingga mampu meraih juara II setelah sebelumnya meraih juara 1 di tingkat kabupaten dalam lomba yang sama.

Sementara Kepala Desa Bukit Raya Sunoto mengatakan, desa yang dipimpinnya ini berhasil meraih juara II tingkat Provinsi Kaltim karena berhasil menjalankan sejumlah inovasi, sehingga inovasi inilah yang mampu mengangkat nilai dalam lomba.

Sejumlah inovasi tersebut antara lain penerapan penanganan COVID-19, baik melalui pengetatan, bantuan ke masyarakat, maupun kepatuhan dalam protokol kesehatan, sehingga mampu menekan penyebaran COVID-19.

Kemudian inovasi Program Sedekah Seribu Sehari. Dalam program ini, setiap depan rumah warga diletakkan gelas atau toples yang diisi uang seribu rupiah per hari, kemudian tiap akhir pekan uang tersebut akan dikumpulkan oleh petugas.

Sedekah dari hasil pengumpulan warga, lanjut dia, digunakan untuk membantu warga yang tidak mampu, warga yang sedang terkena musibah, dan untuk kegiatan sosial.

"Ada dua hal yang membuat nilai dalam penilaian ini kurang maksimal, pertama adalah penetapan pelaksanaan lomba desa di PPU yang terlambat, kemudian di Desa Bukit Raya memang belum memiliki objek wisata," ucap Sunoto.

Dalam lomba desa tingkat Provinsi Kaltim ini terdapat tiga pemenang, yakni juara I dari Desa Sumber Agung, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau.

Juara II diraih Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU, dan juara III diraih oleh Desa Segendang, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021