Samarinda (ANTARA Kaltim)- Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menyerahkan delapan unit kapal ukuran 30 GT kepada nelayan di delapan daerah, yakni Kabupaten Nunukan, Berau, Bulungan, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, Paser, Kota Tarakan, dan Balikpapan.

"Kapal berukuran besar ini diberikan kepada nelayan agar dapat menangkap ikan di laut dalam, sehingga hasil tangkapannya bisa lebih banyak dengan harapan para nelayannya dapat hidup lebih sejahtera," ujar gubernur saat menyerahkan bantuan yang dirangkai dengan Peringatan Hari Nusantara Tingkat Kaltim, di Samarinda, Kamis.

Bantuan untuk masing-masing daerah sebanyak satu unit kapal inkamina ukuran 30 GT tersebut, dana pembeliannya bersumber dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, yakni dari APBN 2012.

Selain menyerahkan delapan unit kapal untuk delapan daerah, dalam kesempatan itu gubernur juga menyerahkan beberapa alat tangkap ikan dan alat budidaya perikanan kepada sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Peralatan yang diserahkan seperti, 10 unit alat tangkap ikan gillnet kepada nelayan di Kabupaten Berau, satu paket mesin pakan (pallet) kepada nelayan di Kabupaten Nunukan, enam buah coobox kepada nelayan di Kabupaten Bulungan.

Kemudian 10 unit alat tangkap ikan gillnet kepada nelayan di Kota Tarakan, 10 unit mesin kapal inkamina ukuran 24 PK dan 10 unit alat tangkap ikan untuk nelayan di Kota Balikpapan.

Beberapa nelayan di Kabupaten Kutai Kartanegara menerima dua unit kapal inkamina ukuran 5 GT, enam unit mesin ketinting, perahu, dan gillnet, 180 ribu ekor benih ikan nila, mas, lele, dan patin, satu paket mesin pakan, dan dua unit keramba.

Sejumlah nelayan di Kabupaten Penajam Paser Utara mendapat bantuan dua unit kapal inkamina ukuran 5 GT, kemudian 10 unit mesin kapal inkamina ukuran 24 PK.

Selanjutnya beberapa nelayan di Kabupaten Paser menerima 10 unit mesin kapal inkamina ukuran 24 PK, termasuk 10 unit alat tangkap ikan gillnet. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012