Samarinda (ANTARA Kaltim) - Rombongan Sekretariat DPRD Kabupaten Paser berkunjung ke Sekretariat DPRD Kaltim, Rabu (28/11) lalu, untuk studi banding  sistem informasi kepada masyarakat luas.

Ketua rombongan,  Kabag Umum Sekretariat DPRD Kabupaten Paser,  Irwan Suryani, mengatakan saat ini media informasi Dewan dengan masyarakat umum di daerahnya, melalui sebuah halaman kontrak di salah satu media massa lokal Kaltim.

"Sejauh ini komunikasi masih satu arah,  yakni melalui kontrak halaman di salah satu media massa lokal yang dianggap cukup luas cakupannya agar segmen mayarakat yang disasar sesuai dengan tujuan informasi tersebut," kata Irwan yang didampingi Kasubag Humas dan Protokol,  Rizky Noviar, serta  sejumlah staf humas dan protokol, seperti  Muhammad Yapar, Amron, Haryani, Yusmita Sari, Semin Hadi Sutoyo, Wahab Syahrani, Kompar dan Sahyudi.

Menurut Irwan, dipilihnya Setwan Provinsi  sebagai tempat studi banding, karena  merupakan lembaga paling terkait dan berkompeten,  serta labih dulu menerapkan sistem informasi antara anggota Dewan dengan masyarakat melalui beberapa media massa.

Mewakili Sekretariat Dewan (Setwan) Kaltim, Kabag Humas, Hj Eka Wahyuni menjelaskan  sedikitnya ada empat media yang digunakan sebagai sarana informasi berkaitan dengan berbagai kegiatan kedewanan kepada masyarakat.

Ia memaparkan, media masa yang pertama adalah kerja sama dengan beberapa lembaga baik media cetak yakni koran dan majalah, radio, hingga media audio visual yakni TVRI, sedangkan yang lain melalui media website, majalah hingga M-Kios.

Semua itu dimaksudkan agar dapat menyentuh semua segmen masyarakat, mengingat masyarakat luas terbagi-bagi sesuai dengan waktu dan hobinya. Oleh sebab itu diharapkan melalui itu semua informasi yang disampaikan dapat maksimal diterima masyarakat.

"Bagi yang mempunyai mobilitas tinggi,  maka mereka bisa melihat berita Dewan melalui website yang online 24 jam dan selalu update tiap harinya, sedangkan yang biasanya dengan media cetak ada majalah dan koran lokal daerah dan bagi yang berkunjung langsung ke kantor dewan ada M-Kios berupa komputer layar sentuh yang berisikan informasi mulai dari berita hingga pengetahuan tentang kedewanan," kata Eka. (Humas DPRD Kaltim/adv/bar/mir)

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012