Sangatta, (ANTARA Kaltim) - Sebagian Kota Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, diguyur hujan cukup deras selama dua jam hingga Rabu pagi.

"Hujan deras disertai angin kencang juga terjadi di Pasar Teluk Lingga dan kawasan perumahan karyawan PT Kaltim Prima Coal hingga sebagian wilayah di desa Swargabara dan desa Sangatta Utara," kata Camat Sangatta Utara, Didik Herdiansyah, Rabu.

Menurut Camat Didi Herdiansyah, turunnya hujan pada malam hari selama dua jam lebih ini memberi sinyal pada Desember akan terjadi musim hujan, oleh karena itu warga dihimbau agar waspada akan terjadinya banjir sungai dan banjirnya sejumlah pemukiman.

Karena biasanya, kata Camat Didi, kalau menjelang akhir tahun dan diawal bulan desember setiap tahun terjadi hujan dras seperti ini, maka dalam beberapa hari kedepan akan terjadi hujan yang lebih deras lagi.

"Jadi ini himbauan juga agar masyarakat yang bermukim di daerah pingiran sungai agar tetap waspada dengan musim hujan ini terutama antisipasi terjadinya banjir"kata Didi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Timur, H. Zainuddin Aspan, juga mengatakan, ini merupakan pertanda akan datangnya musim hujan akhir tahun.

"Musim hujan penghujung tahun ini patut diwaspadai, karena seperti tahun-tahun sebelumnya, akibat hujan terjadi banjir besar,dan menimbulkan musibah da kerugian masyarakat dan pemerintah daerah" katanya.

Oleh karena itu, kami himbau agar para kepala desa dan camat diwilayhanya masing-masing, agar mengingatkan warganya agar waspada musim hujan , terutama warga Kota Sangatta yang berada di sepanjang sungai.

Begitu juga warga lainnya yang tinggal didaerah pedalaman yang menjadi langganan banjir, seperti batu ampar, telen, muara wahau, muara engkal dan wilayah lainnya supaya waspada.(*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012