Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Timur siap memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kabupaten Berau.
 

Kadis Sosial Kaltim M. Agus Hari Kesuma di Samarinda, Senin, mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu Dinsos Kabupaten Berau dalam melakukan pendataan warga korban banjir dan pemetaan lokasi pascabanjir.

"Jika data dan pemetaan sudah dilakukan. Kami bisa mengetahuinya, maka segera Tim Dinsos Kaltim turun membantu melalui Tagana Kaltim," kata dia. 

Ia mengatakan pada prinsipnya pemprov melalui Dinsos siap menurunkan tim dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana tersebut.

Hal itu juga telah dilakukan Dinsos Kaltim ketika masyarakat Kalsel tertimpa banjir besar belum lama ini.

"Jika memang sudah terdata jumlah yang terdampak, maka kita segera turun dan langsung membuka posko bantuan dan dapur umum. Seperti yang kami lakukan di Banjarmasin, Kalsel," katanya.

Banjir besar di Berau terjadi sejak 13-16 Mei 2021, sedangkan kondisi semakin meluas dampaknya.

Sebanyak empat kecamatan terdampak bencana itu, yakni Segah, Kelay, Teluk Bayur, dan Sambaliung. Ketinggian air akibat banjir itu mencapai 1-2 meter.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupeten Berau, lebih dari 2.000 kepala keluarga (KK) menjadi korban banjir.

“Sudah kami turunkan tim kembali untuk memantau perkembangan di lokasi, tapi kondisi di beberapa tempat sudah tidak begitu tinggi dan perlahan surut,” kata dia.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021