Nunukan (ANTARA Kaltim) - Kepala Kantor Pegadaian Cabang Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, Eko Parianto, mengatakan saat ini sedang menjalin kerja sama dengan pihak Bank Mandiri dalam hal pembayaran kepada dan dari nasabah.

"Adanya kerja sama tersebut maka pembayaran nasabah kepada Kantor Pagadaian tidak menggunakan lagi uang tunai tetapi dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri termasuk pembayaran bunga atau tebusan,"kata dia di Nunukan, Jumat.

Menurutnya melalui kerja sama ini, Kantor Pegadaian menerima pembayaran lewat kartu debit yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri. Jadi (kantor) Pegadaian tidak menerima lagi pembayaran dengan uang tunai dari pelanggan.

Selain itu, Eko menambahkan, bukan hanya untuk pembayaran bunga atau tebusan tetapi juga berlaku bagi masyarakat yang berminat membeli barang yang ada di Kantor Pegadaian.

Kerjasama ini sudah berlangsung sejak Oktober 2012, sehingga dalam waktu dekat ini alat "elektronik data save" dari Bank Mandiri segera dipasang dan dioperasikan di Kantor Pegadaian Cabang Kabupaten Nunukan untuk memudahkan pelayanan, tambahnya.

"Kerjasama dengan Bank Mandiri dilakukan langsung oleh Kantor Pegadaian Pusat sejak bulan Oktober 2012 baru-baru ini. Kami sebagai kantor pelaksanaan telah diberikan surat tembusan kerja sama tersebut," ujar Eko Parianto.

Eko Parianto mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Bank Mandiri Kabupaten Nunukan untuk secepatnya merealisasikan kerja sama tersebut dalam rangka peningkatan dan kemudahan pelayanan kepada nasabah.

Meskipun demikian, lanjut dia, sampai saat ini Kantor Pegadaian Kabupaten Nunukan juga masih tetap melayani pembayaran tunai (cash) dari dan ke pelanggan yang belum menjadi nasabah Bank Mandiri.

"Saat ini kami masih melayani pembayaran cash karena alatnya (elektronik data save) dari Bank Mandiri belum ada," katanya.

Mengenai respons masyarakat Kabupaten Nunukan (Nasabah) dengan diberlakukannya sistem pembayaran dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit Bank Mandiri cukup baik sangat positif karena praktis, ungkap Eko Parianto.  (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012