PT Kideco Jaya Agung (Kideco), anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk, kembali meraih 3 (tiga) penghargaan pada ajang TOP CSR Awards 2021.


Kideco meraih tiga kategori penghargaan diantaranya kategori perusahaan dengan level TOP CSR Award 2021 5 Stars, kategori Program CSR Lingkungan Berbasis Pertanian Terpadu dan penghargaan TOP Leader on CSR Commitment 2021.

Penghargaan ini diterima Leonardus Herwindo  Chief Administration Officer PT. Kideco pada malam penganugerahan penghargaan TOP CSR Awards di Jakarta, Kamis (22/4/2021).

Leonardus Herwindo merupakan penanggungajawab yang mengkoordinasikan secara langsung pelaksanaan CSR di Kideco.

Kideco berhasil meraih TOP CSR Award 5 Star berturut-turut pada tahun 2020 dan 2021 berdasarkan  kriteria penilaian Dewan Juri.

Dewan juri menilai bahwa  sistem kebijakan dan tata kelola CSR yang dilaksanakan Kideco sudah berjalan dengan baik dan benar yang meliputi penerapan program CSR unggulan di saat pandemi COVID-19, keselarasan CSR dengan strategi bisnis & penerapan CSV (Creating Shared Value) serta tingkat adopsi CSR terhadap ISO 26000 Social Responsibility.

Pelaksanaan TOP CSR Award 2021 dihadiri  150 perusahaan finalis dari berbagai sektor.

Hadir dalam acara TOP CSR Award 2021 ini Direktur Jenderal Mineral dan Batu bara, Kementerian ESDM  Ridwan Djamaluddin.

Dalam sambutannya Ridwan mengatakan bahwa pemberian penghargaan terhadap program-program CSR sangat dirasakan manfaatnya secara langsung bagi perusahaan dan jika program CSR tersebut dilaksanakan dengan baik dan benar maka dampaknya juga akan dirasakan langsung oleh masyarakat.

Deputi VII Bidang Komunikasi dan Informasi Badan Intelijen Negara Dr. Wawan Purwanto mengatakan pengembangan masyarakat Indonesia menjadi tanggung jawab bersama termasuk Perusahaan.

“Ketidakpedulian akan menimbulkan konflik sosial, maka perlu adanya harmoni yang berkelanjutan dalam membangun Indonesia dan CSR sebagai wujud harmoni itu”, kata Wawan Purwanto.

Sementara itu Chief Administration Officer Kideco, Leonardus Herwindo menyampaikan ucapan terima kasih  kepada pihak yang telah memberi  kepercayaan melalui penghargaan yang diterimanya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan ini," katanya.

Penghargaan ini menjadi bukti bahwa Kideco sangat berkomitmen dalam pelaksanaan CSR baik bagi masyarakat juga lingkungan.

Ini merupakan prinsip kami dalam menjalankan roda aktivitas usaha sesuai dengan komitmen Manajemen dan Indika Energy sebagai pemegang saham untuk semakin memperkuat aspek Environment, Social and Governance (ESG) sebagai upaya tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, kata Leonardus Herwindo.

Pada TOP CSR Award 2021 ini Kideco mempresentasikan program Kampoeng CSR Samurangau to SDGs (Sustainable Development Goals) dimana Kideco berperan aktif dalam pembangunan Desa Samurangau sehingga 11 tujuan pembangunan berkelanjutan dalam SDGs dapat tercapai di desa tersebut. 

Program berikutnya adalah Pemberdayaan Petani Sawit Indonesia yang dikenal sebagai Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) dimana Kideco menyediakan 200 ha kebun kelapa sawit bagi 100 kepala keluarga untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Hingga saat ini perkebunan kelapa sawit tersebut terus berkembang mencapai 600 Ha. Kideco terus menjalankan komitmen ini untuk menjadi bagian penting dalam rangka pengembangan masyarakat dan tumbuh bersama masyarakat dalam mewujudkan harmoni di Indonesia.

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021