Tanjung Redeb (ANTARA Kaltim) - Kabupaten Berau meraih penghargaan sektor pariwisata melalui pameran potensi objek wisata dan budaya Indonesia 2012 di Batam, Kepulaan Riau, awal November 2012, dengan menjadi terbaik ketiga tingkat nasional.

"Dalam festival tersebut Berau menampilkan beberapa objek wisata bahari dan pedalaman, sehingga dapat menarik perhatian tersendiri dalam kegiatan yang diprakarsai Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau DR Hj Rohaini MM M Pd, saat menyerahkan tropy kepada Bupati Berau Makmur HAPK, Senin (19/11).

Setelah menerima penghargaan tersebut, berselang kurang lebih seminggu kemudian, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau mengikuti ajang Festival Kemilau 2012 di Samarinda, dan dalam festival yang digelar selama satu pekan tersebut stand Berau kembali menampilkan potensi objek pariwisata.

Tidak hanya objek-objek wisata, tetapi juga menampilkan beberapa kerajinan masyarakat yang juga menjadi daya tarik. "Kami harus kembali mengucapkan Alhamdulillah, kita kembali meraih penghargaan dalam kegiatan pameran pariwisata itu," lanjutnya.

Dalam dua festival bersekala nasional dan regional tersebut, kata Rohaini, stan Pemkab Berau memang paling diminati.

Jumlah pengunjung meningkat setiap harinya, dan ini juga menjadi penilaian tersendiri bagi tim juri. Selain mengikuti pameran, rombongan Berau juga menampilkan beberapa pagelaran budaya, seperti seni tari Jepen.

"Penghargaan ini menjadi bukti bahwa pariwisata Berau mendapat pengakuan dan layak disanding dengan objek wisata berkelas dunia," katanya.

Sementara itu, Bupati Berau Makmur HAPK, memberikan apresiasi kepada pariwisata, yang tak pernah henti-hentinya mempromosikan potensi wisata alam di Berau.

Karena itu, orang nomor satu di Bumi Batiwakal ini berharap masyarakat Berau mendukung program-program pembangunan kawasan pariwisata, sebagai bagian menyejahterakan masyarakat.

Ketertarikan pengunjung terhadap stan pameran yang diikuti di tingkat nasional dan provinsi, menurut Makmur, akan berdampak pada kunjungan pariwisata, dan juga akan meningkat.

Menurut Makmur, hal ini yang harus mendapat dukungan dari masyarakat, dengan menciptakan kawasan pariwisata yang aman dan nyaman, untuk wisatawan yang datang.

"Jadi saya mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk mendukung program-program sektor pariwitawa ini," harap Makmur. (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012