Pertamina RU V Balikpapan, Kalimantan Timur, membagikan 120 paket bahan makanan bagi warga di sekitar fasilitas pompa air Sungai Wain, Jumat.


Sungai Wain di utara Balikpapan adalah sumber air baku bagi kilang, perumahan dan berbagai fasilitas Pertamina di barat dan selatan Balikpapan.

“Kami berbagi untuk menyambut bulan suci Ramadhan,” kata Ketua Persatuan Wanita Patra (PWP) RU V Balikpapan Indira Eko Sunarno.

Pada Selasa 13 April pekan depan diperhitungkan sebagai 1 Ramadan 1442 Hijriah, sebagai hari pertama ibadah puasa bagi umat Islam.

Persatuan Wanita Patra adalah organisasi sosial yang beranggotakan persatuan para istri karyawan dan karyawan wanita Pertamina.

“Warga Sungai Wain ini bagian dari lingkar pertama daerah operasi perusahaan,” lanjut Indira.

Ia menambahkan selain Sungai Wain, pembagian serupa juga akan ada untuk warga dekat daerah operasi perusahaan lainnya. Selain membagikan bahan makanan, karyawan Pertamina juga mengunjungi sejumlah panti asuhan.

“Selain dari perusahaan, ada juga sumbangan-sumbangan dari perorangan,” kata Humas RU V Ely Chandra Peranginangin.

Menurut Chandra, fasilitas Pertamina di Sungai Wain sangat penting bagi jalannya operasi produksi Pertamina.

“Dukungan kebersamaan dari masyarakat merupakan salah satu sumber kekuatan Pertamina," kata Chandra.

Selai nama sungai, Sungai Wain juga nama kawasan hutan lindung seluas tidak kurang dari 10 ribu hektare. Dari hutan lindung inilah air Sungai Wain berasal. Hutan primer itu juga menjadi tempat hidup berbagai spesies tanaman dan hewan yang dilindungi.

Ditemui hidup di Hutan Lindung Sungai Wain (HlSW) adalah beruang madu (Helarctos malayanus), orangutan kalimantan timur (Pongo pygmaeus morio), tenggiling (Manis javanicus), juga pohon-pohon keluarga Dipterokarpa dan pohon ulin (Eusideroxylon zwageri), serta tumbuhan pemakan serangga, si kantong semar (Nepenthes).

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021