Tanjung Redeb (ANTARA Kaltim) - Adhelphi Continental Geopetro (ACG) South Bengara II, sebuah perusahaan multinasional, saat ini tengah melakukan eksplorasi minyak dan gas di wilayah yang menjadi bagian dari Kabupaten Berau.

"Sejak beberapa waktu lalu mereka sudah melakukan seismik di Kampung Tasuk, Maluang dan Samburakat," ungkap Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Fattah Hidayat, Minggu.

Fattah juga tidak menyebutkan berapa jumlah titik seismik yang dilakukan ACG. Namun dirinya mengatakan, kegiatan ekplorasi ini tidak hanya mencari sumber minyak mentah.

"Kelihatannya mereka mencari sumber gas, karena setiap titik kegiatan seismik mengambil lahan seluas dua hektare saja, bisa jadi mereka ekplorasi minyak mentah, bisa juga gas," tuturnya.

Menurut Fattah ekplorasi minyak atau gas tidak masalah, pasalnya mereka telah mengantongi izin dari pusat.

Sebelumnya, ACG bersama BP Migas, pada tahun 2011 lalu melakukan presentasi dan sosialisasi kepada tokoh masyarakat dan unsur pemerintahan Kabupaten Berau.

Dalam presentasi yang juga diikuti oleh Bupati Makmur HAPK tersebut terungkap setidaknya ada sekitar 10 sumur yang dieksplorasi, antara lain enam sumur di Kecamatan Birang, dua sumur di Teluk Bayur dan terakhir dua sumur di wilayah Batu-batu. (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012