Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kini memberikan bantuan biaya kuliah dan biaya hidup yang lebih tinggi melalui skema bantuan keuangan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang nilainya sampai Rp12 juta per semester.


Perubahan ini dinamakan KIP Kuliah Merdeka dan berlaku untuk mahasiswa baru yang menerima KIP Kuliah pada tahun 2021.

“Saya luar biasa senangnya melihat mahasiswa angkatan 2021 menerima KIP Kuliah Merdeka. Dulunya anak-anak yang menerima KIP Kuliah itu banyak yang terdiskriminasi karena mereka tidak berani ataupun tidak diterima di program studi yang prestisius. Tapi sekarang dengan adanya KIP Kuliah Merdeka ini akan benar-benar meningkatkan rasa kepercayaan diri mahasiswa tidak mampu yang ingin mengenyam pendidikan di kampus-kampus terhebat dan termahal,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim di Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Rabu.

Bantuan keuangan melalui KIP Kuliah Merdeka mencapai Rp12 juta per semester untuk mahasiswa yang kuliah di program studi berakreditasi A. Untuk mahasiswa yang belajar di program studi berakreditasi B bisa mendapatkan maksimal Rp4 juta, dan mahasiswa program studi berakreditasi C bisa mendapatkan maksimal Rp2,4 juta.

Tidak hanya itu. Ada juga bantuan biaya hidup bagi penerima KIP Kuliah Tahun 2021 yang jumlahnya disesuaikan dengan indeks harga daerah. Besaran biaya hidup yang diterima mahasiswa pemegang KIP Kuliah Merdeka ini dibagi ke dalam lima golongan daerah. Golongan pertama sebesar Rp800.000 per bulan, golongan kedua sebesar Rp950.000, golongan ketiga sebesar Rp1,1 juta, golongan keempat sebesar Rp1.250.00, dan golongan kelima sebesar Rp1.400.000.

Penerima KIP Kuliah Merdeka di ITK, mahasiswa semester dua Jurusan Teknik Mesin Ageng Margiyatno mengatakan dirinya sangat termotivasi untuk meraih hasil terbaik selama belajar di ITK>

“Ini adalah jalan bagi mewujudkan mimpi saya menjadi pengusaha pada sektor industri,” kata Ageng dalam dialog dengan Menteri Nadiem.

“Alhamdulillah sangat bersyukur dan sangat terbantu sekali dengan adanya KIP Kuliah Merdeka ini. Saat mendaftar tidak ada kendala sama sekali,” kata Iin Armia, rekan seangkatan Ageng.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021