Gubernur Kaltim Isran Noor berharap  Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kaltim secara aktif membangun komunikasi baik dengan dinas/badan terkait dalam menyukseskan program pembangunan di Provinsi Kalimantan Timur. 
 
 
"TP PKK bersama organisasi wanita lain harus terus berkoordinasi dengan semua pihak baik dari dinas/badan atau instansi vertikal di daerah sampai pada level paling bawah sehingga akan terbentuk sebuah hasil yang jelas," ujar Gubernur Isran saat membuka Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-49 dan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-18, dirangkai Pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) VI Tim TP PKK 2021 se Kaltim, di Ruang Ruhui Rahayu,Kantor Gubernur Kaltim, (5/4/). 
 
Kalau kegiatan PKK berjalan maka urusan dinas/badan terkait akan terbantu  melalui 10 program pokok PKK  yang bergerak di masing-masing bidang-bidang. Meskipun PKK tidak memiliki anggaran sendiri, namun anggarannya ada di semua instansi terkait termasuk instansi vertikal.
 
Menurutnya salah satu pekerjaan yang bisa dikoordinasikan secara bersama-sama dengan pihak lain dalam hal mencegah dan penanggulangan anak-anak stunting di Kaltim. 
 
"Program pencegahan anak-anak stunting mudahan masuk dalam Pendataan Keluarga 2021 yang dilaksanakan BKKBN. Dengan data yang detail, maka sudah terpantau data-data terkait dengan orang hamil, pemeriksaan kehamilan di posyandu dan lainnya untuk mencegah stunting,” sebutnya.
 
Gubernur Isran juga mengapresiasi kinerja dari TP PKK mulai dari tingkat pusat, daerah hingga kader-kader yang bergerak di skala mikro di lingkungan masyarakat. Karena, selama ini kader-kader PKK menjadi ujung tombak dalam kampanye dan sosialisasi program-program pemerintah kepada masyarakat. 
 
Sementara itu Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor mengatakan peringatan HKG-PKK  tahun 2021 merupakan momentum dasar serta memiliki arti penting dan strategis dalam implementasi 10 program pokok PKK.

"TP PKK terus menjalankan dan mengimplementasikan 10 program pokok  baik ditingkat provinsi, kabupaten dan desa," katanya. 
 
Hadir  pada pembukaan Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-49 dan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-18  antara lain  Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim Moh Jauhar Efendi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim.
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021