Tanjung Redeb (ANTARA Kaltim) - Desa Merasa, Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau akan diusulkan ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menjadi Desa Wisata seperti halnya Desa Wisata Derawan yang telah diresmikan Menparekraf Marie Elka Pangestu.

Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dra Hj Norhayati MSi, Selasa (16/10), mengatakan, jika memang setelah di teliti dan memenuhi kriteria sebagai Desa Wisata, maka Desa Merasa akan diusulkan ke Kemenparekraf.

Menurut dia, kriteria Desa Wisata adalah yang pertama desa tersebut memiliki potensi keunikan dan daya tarik wisata yang khas (sebagai atraksi wisata), baik berupa karakter fisik lingkungan alam pedesaan maupun kehidupan sosial budaya kemasyarakatan

Yang kedua, katanya, memiliki dukungan dan kesiapan fasilitas pendukung kepariwisataan terkait dengan kegiatan wisata pedesaan, yang antara lain dapat berupa akomodasi penginapan, ruang interaksi masyarakat dengan wisatawan/tamu, ataufasilitas pendukung lainnya.

Kemudian kriteria yang ketika adalah  memiliki interaksi dengan pasar (wisatawan) yang tercermin dari kunjungan wisatawan ke lokasi desa tersebut.

"Jika memenuhi kriteria ini, maka kami akan usulkan Desa merasa sebagai desa wisata," kata Norhayati.

Pada 18 Oktober, selain bidang pengembangan Pariwisata, seluruh bidang di Dinas Pariwisata mengunjungi Desa Merasa di Kelay untuk meneliti potensi alam yang dimiliki desa tersebut.

Kunjungan ini merupakan program dari pengembangan pariwisata di Disbudpar Berau, untuk mengali, meneliti daerah daerah yang memiliki objek wisata.

Sebelumnya, jajaran pers di Kabupataen Berau mengunjungi Desa Merasa sebulan yang lalu dan berdialog dengan masyarakat di sana.

Dalam dialog tersebut warga Merasa meminta kepada Pemkab Berau agar lebih memperhatikan warga Merasa termasuk penambahan infrastruktur untuk menunjang kepariwisataan, agar desa mereka bisa menjadi desa wisata.

Bahkan dikonfirmasikan kepada Bupati Berau, Drs H Makmur HAPK MM menyebutkan, tetap memperhatikan seluruh warga termasuk Desa Merasa di Kecamatan Kelay.

Saat ini potensi alam yang dimiliki oleh Desa atau Kampung Merasa, yakni wisata  goa goa,wisata air sungai, air terjun Jenum, kemudian ekonomi kreatif yang dikembangkan adalah suvenir oleh masyarakat, ukiran warga dayak yang bermukim  di Merasa. (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012