Tenggarong  (ANTARA Kaltim) - Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2012 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis, berlangsung meriah di halaman Planetorium Jagad Raya Tenggarong.

Murid Taman Kanak kanak se kota Tenggarong tampak bersemangat mengikuti aneka lomba sehingga membuat warga yang menonton menjadi geli juga antusias termasuk Bupati Rita Widyasari yang turut menyaksikan.

Peringatan HAN 2012 yang diadakan Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBP3A) Kukar selain meriah juga bertabur hadiah dan door prize.

Menurut Kepala BKBPP-PA Kukar Hj Aji Lina Rodiah SE, peringatan HAN 2012 bertema Bersatu Mewujudkan Indonesia Ramah Anak.  Sedang Sub temanya adalah Saya anak Indonesia, Beriman, Jujur, Sehat, Berahlak mulia dan Berprestasi.

"Mendukung  tema sub tema itulah maka peringatan HAN tahun ini terasa lebih meriah," ujarnya.

Menurutnya dalam peringatan HAN 2012 ada beberapa kegiatan yang dilakukan yang sifatnya memacu prestasi dan menumbuh kembangkan bakat dan kreatifitas anak-anak. Seperti ada lomba senam dan lomba
ketrampilan yang semuanya diikuti anak anak mulai murid SD kelas 1 dan 2 hingga murid TK dan murid peserta Pendidikan Anak Usia dini (PAUD).

Ditambahkan pula pada momentum HAN 2012 ini pihaknya juga melakukan kegiatan yang ditujukan bagi  siswa  SLTP dan SLTA. Kegiatan itu di antaranya mengirim 6 siswa asal Kukar mengikuti Pemilihan Tunas Muda Pemimpin Indonesia Tingkat Provinsi Kaltim.

"Dimana 2 di antara wakil Kukar terpilih mewakili Kaltim di seleksi tingkat Nasional," ujarnya.

Kemudian lainnya mengirim peserta mengikut  Forum Anak Daerah di Samarinda dan Forum Anak Kabupaten dalam Pertemuan Anak Nasional di Lembang Jawa Barat. Sedang tujuan  selain mengimplementasi tema HAN 2012 juga sebagai sarana memberdayakan dan memfasilitasi anak berprestasi di Kukar.

Sementara Bupati Rita Widyasari mengatakan di era global ini, menurutnya harus diberikan lingkungan sosial, pendidikan, dan tata pergaulan yang ramah bagi anak-anak. Dengan cara itu, anak-anak dapat
tumbuh dan berkembang, menyongsong masa depan yang cerah.

"Masa depan yang cerah bagi anak-anak, juga menjadi masa depan yang lebih baik bagi kehidupan bangsa," tandasnya.

Menurutnya anak mestinya diasuh  dengan penuh kasih sayang dan tanggung jawab, utamanya bagi anak yang berada pada usia emas yaitu usia dari  lahir hingga umur  delapan tahun.

Bupati kemudian mengajak untuk menumbuhkan keunggulan anak-anak dengan asah, asih, dan asuh.

"Agar mereka tumbuh menjadi insan cerdas, berkepribadian luhur, jujur, berakhlak mulia, santun, dan beretos kerja tinggi," ujarnya. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012